Lihat ke Halaman Asli

Aji Mufasa

TERVERIFIKASI

Engineer | Agropreneur | Industrial Designer

7 Cara Menjadi Lebih Efektif dengan Manajemen Waktu yang Tepat

Diperbarui: 18 Desember 2022   20:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Andrey Grushnikov: https://www.pexels.com/photo/black-and-white-photo-of-clocks-707676/ Image caption

Manajemen waktu adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Dengan mengelola waktu dengan baik, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan tepat waktu, serta menyisihkan waktu untuk kegiatan lain yang kita sukai. Berikut adalah beberapa cara untuk menjadi lebih efektif dengan manajemen waktu yang tepat:

Tentukan tujuan dan prioritas 

Sebelum memulai sesuatu, tentukan tujuan dan prioritas Anda. Hal ini akan membantu Anda menentukan apa yang harus Anda lakukan terlebih dahulu dan apa yang bisa ditunda sampai nanti.

Buat jadwal harian 

Buat jadwal harian Anda dengan mencatat kegiatan yang harus Anda lakukan setiap hari. Tentukan waktu yang tepat untuk setiap kegiatan dan jadwalkan sesuai dengan prioritas.

Batasi distraksi

Distraksi dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus dan membuang waktu. Batasi distraksi seperti menonaktifkan notifikasi di ponsel atau menutup tab browser yang tidak relevan saat bekerja.

Gunakan teknik pembatasan waktu 

Teknik pembatasan waktu, seperti pomodoro, dapat membantu Anda mengelola waktu dengan lebih baik. Dengan menetapkan waktu yang tepat untuk setiap kegiatan, Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan lebih efektif.

Lakukan kegiatan yang paling sulit terlebih dahulu 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline