Lihat ke Halaman Asli

Yan Okhtavianus Kalampung

Narablog, Akademisi, Peneliti.

Teknologi Digital untuk Menyusun Karya Akademis (Bedah Artikel Jurnal Ilmiah)

Diperbarui: 24 November 2023   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: dokpri

Artikel "Digital Support for Academic Writing: A Review of Technologies and Pedagogies" menghadirkan analisis komprehensif mengenai teknologi yang dirancang untuk mendukung instruksi penulisan di pendidikan menengah dan tinggi. Ulasan ini mencakup berbagai alat yang mendukung penulis bahasa pertama dan kedua, berfokus pada kemampuan instruksional berdasarkan spesifikasi teknologi. Para penulis menganalisis secara sistematis 44 alat melalui berbagai fitur terkait proses penulisan, pendekatan pedagogis, modalitas umpan balik, dan spesifikasi teknologi.

Analisis artikel ini menggunakan level berpikir tingkat tinggi dari Revisi Taksonomi Bloom dapat distrukturkan sebagai berikut:

#Mengingat dan Memahami

Poin "Mengingat dan Memahami" dalam analisis artikel "Digital Support for Academic Writing: A Review of Technologies and Pedagogies" melibatkan identifikasi dan pengertian dasar mengenai isi dan konteks artikel. Di tahap ini, fokusnya adalah pada mengumpulkan dan memahami informasi yang disampaikan oleh penulis. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai poin ini:

  1. Sejarah dan Evolusi Bantuan Penulisan Digital:
    • Artikel ini menguraikan perkembangan historis dari alat bantuan penulisan digital, memberikan konteks tentang bagaimana alat-alat ini telah berkembang seiring waktu.
    • Dalam mengingat, kita memperhatikan fakta-fakta dasar seperti kapan dan mengapa alat-alat ini mulai populer, serta bagaimana perubahan teknologi telah mempengaruhi evolusinya.
  2. Kategorisasi Alat:
    • Artikel tersebut mengkategorikan alat bantuan penulisan menjadi beberapa jenis utama, seperti Evaluasi Penulisan Otomatis (AWE), Penilaian Esai Otomatis (AES), dan Sistem Tutoring Cerdas (ITS).
    • Aspek mengingat di sini melibatkan pemahaman tentang apa itu AWE, AES, dan ITS, serta perbedaan dan karakteristik masing-masing kategori.
  3. Dominasi Alat Bahasa Inggris dan Fokus pada Penulisan Esai Argumentatif:
    • Ulasan ini menyoroti bahwa kebanyakan alat yang ada didesain untuk mendukung penulisan akademik dalam bahasa Inggris, dengan fokus khusus pada penulisan esai argumentatif.
    • Mengingat dan memahami di sini termasuk menyadari kecenderungan ini dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi akses dan kualitas dukungan untuk penulis dalam bahasa lain atau dalam genre penulisan akademik lainnya.

Mengingat dan memahami merupakan langkah awal dalam analisis yang lebih mendalam, di mana kita mengumpulkan dan menyadari informasi dasar yang diberikan oleh artikel sebelum beralih ke aplikasi, analisis, evaluasi, dan kreasi berdasarkan informasi tersebut. Tahap ini penting karena memberikan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk penerapan berpikir kritis dan analitis dalam tahap-tahap berikutnya dari Revisi Taksonomi Bloom.

#Menerapkan dan Menganalisis

Poin "Menerapkan dan Menganalisis" dalam analisis artikel "Digital Support for Academic Writing: A Review of Technologies and Pedagogies" mencakup penerapan pemahaman mengenai alat-alat bantuan penulisan digital ke dalam konteks yang lebih luas dan analisis kritis terhadap berbagai aspek yang terlibat. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai aspek-aspek ini:

  1. Metodologi Analisis Sistematis:
    • Penulis artikel menggunakan metodologi yang sistematis untuk mengevaluasi dan membandingkan 44 alat bantuan penulisan. Ini termasuk mempertimbangkan berbagai aspek seperti fokus pedagogis, pengaturan instruksional, jenis umpan balik yang diberikan, dan spesifikasi teknis.
    • Menerapkan metodologi ini memungkinkan penulis untuk secara objektif mengkategorikan dan menilai alat-alat tersebut, memberikan pandangan yang komprehensif tentang kekuatan dan kelemahan mereka.
  2. Analisis Ketidakseimbangan dalam Alat yang Tersedia:
    • Artikel tersebut menganalisis adanya ketidakseimbangan dalam alat yang tersedia, terutama menyoroti kurangnya dukungan untuk genre penulisan akademik lain dan bahasa selain Inggris.
    • Analisis ini mencakup pemahaman tentang bagaimana kecenderungan ini mempengaruhi aksesibilitas dan efektivitas alat bagi berbagai kelompok pengguna, serta implikasinya bagi pengembangan masa depan dalam bidang ini.
  3. Kritik Fokus pada Revisi Tingkat Mikro:
    • Ulasan ini mengkritik fokus banyak alat pada aspek-aspek mikro dari teks, seperti tata bahasa dan ejaan, dibandingkan dengan aspek makro seperti struktur argumentatif atau langkah retoris.
    • Analisis ini mencakup pemeriksaan kritis terhadap bagaimana pendekatan ini mempengaruhi pembelajaran dan pengembangan kemampuan penulisan yang lebih komprehensif, serta bagaimana alat-alat ini dapat lebih baik mendukung aspek makro dari penulisan akademik.

Dalam tahap "Menerapkan dan Menganalisis", fokusnya adalah pada bagaimana informasi dan pemahaman yang diperoleh dari artikel diterapkan dalam konteks yang lebih luas dan dianalisis untuk memahami implikasi dan nuansa yang lebih dalam. Ini melibatkan penggunaan pemikiran kritis untuk menilai tidak hanya apa yang dikatakan oleh artikel, tetapi juga apa arti dan konsekuensinya, serta bagaimana informasi tersebut dapat digunakan untuk pemahaman yang lebih mendalam atau untuk menginformasikan praktik atau penelitian lebih lanjut.

#Mengevaluasi dan Mencipta

Poin "Menilai dan Mencipta" dalam analisis artikel "Digital Support for Academic Writing: A Review of Technologies and Pedagogies" melibatkan evaluasi kritis terhadap isi artikel dan pengembangan ide-ide atau konsep baru berdasarkan analisis tersebut. Ini merupakan tahap lanjutan dalam berpikir kritis dan mencakup aspek-aspek berikut:

  1. Evaluasi Efektivitas dan Keterbatasan Alat Bantuan Penulisan Digital:
    • Artikel ini mengevaluasi efektivitas alat-alat bantuan penulisan yang ada saat ini, termasuk keterbatasan mereka. Evaluasi ini berfokus pada bagaimana alat tersebut menangani aspek mikro teks, seperti tata bahasa dan ejaan, sementara sering mengabaikan elemen penting lainnya seperti struktur argumen dan keterampilan retorika.
    • Evaluasi ini juga mencakup penilaian tentang seberapa baik alat-alat ini memenuhi kebutuhan penulis dalam berbagai konteks, termasuk dalam pengajaran dan pembelajaran penulisan akademik.
  2. Saran untuk Perbaikan dan Pengembangan Alat:
    • Berdasarkan evaluasi mereka, penulis artikel mengusulkan perbaikan dalam taksonomi sistem dukungan penulisan. Mereka menyarankan untuk memasukkan Platform Penulisan Interaktif (IWP) dan membuat perbedaan yang lebih jelas antara alat AWE tingkat mikro dan makro.
    • Saran ini mencerminkan upaya mencipta atau mengembangkan konsep baru yang dapat memandu pengembangan alat bantuan penulisan masa depan.
  3. Arah Penelitian dan Pengembangan Masa Depan:
    • Artikel ini mengusulkan arah masa depan untuk penelitian dan pengembangan dalam bidang bantuan penulisan digital. Hal ini termasuk penekanan pada perlunya alat yang lebih mendukung aspek makro dari penulisan, seperti strategi penulisan dan umpan balik, serta mendorong interaksi antar-pengguna yang lebih besar.
    • Usulan ini mencerminkan pemikiran kreatif dan inovatif, menyarankan bagaimana penelitian dan pengembangan lebih lanjut dapat mengisi celah yang ada dan memenuhi kebutuhan penulis secara lebih efektif.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline