Lihat ke Halaman Asli

cara mudah menghafal ayat-ayat dalam al-qur'an

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

pernah ada yang kesulitan nggak sih dalam menghafal ayat-ayat al-qur'an?sering kebingungan nyari cara ampuh buat menghafal ayat-ayat al-qur'an?anda termasuk orang awam yang dituntut lembaga sekolah untuk menghafal potongan ayat dalam al-qur'an? sedikit sharing aja nih, pertama kali aku mondok itu sma. di pondok dituntut untuk dapat menghafal juz 30 dan surat-surat penting (ssp). saya bingung gimana mulainya,tapi saya langsung nyerah gitu aja sih:D. sy coba jam 8 malem udah tidur,jam 2 saya bangun.saya wudhu,sholat,kemudian mulai membaca ayat yang akan saya hafalkan. saya baca berulang-ulang,saya hafalin ayat per ayat. susah diawal memang,tapi nikmat banget ketika udah berhasil ngehafalin surahnya.berikut rik yg saya punya buat ngehafal ayat al-qur'an :


  1. wudhu (biar adem lahir batin)
  2. baca cari tempat yang menurut anda nyamaan sekali untuk anda dan hafalan anda
  3. baca berulang-ulang (minimal20x) yaa ibarat kita hafal nama temen kita karna kita sering ketemu.begitu juga dg ayat al-qur'an.kita kenal dulu,akrab,lalu kita jadi hafal.
  4. gunakan imajinasi anda untuk berkhayal tentang ayat al-qur'an dengan nama benda/orang disekitar anda.(akan membuat anda lebih gampang ingat)
  5. sebelum tidur,hafalin sebisanya.saat qiyamul lail,mulai di lanyahin (menghafal dengan lebih lancar)
  6. kalo udah hafal,jangan langsung dibiarin gitu aja hafalannya.tapi rajin-rajin lah di semak terus.
  7. jauhi rasa sombong karna kesombongan itu bukan sifat al-qur'an.
  8. diamalkan


i think enough guys :D semoga bermanfaat buat kalian semua yaa.. jangan berhenti membaca al-qur'an meskipun hanya 1 ayat dalam sehari.bisa baca huruf alif aja udah dijamin masuk surga,apalagi kita yg mau membaca 1 ayat  sampai ngehafalin+di amalin (surga sudah melambai-lambai pada kalian tuh :)).seeeeyouuuuuuuu guyss~




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline