Lihat ke Halaman Asli

Yadi Pebri

#MerawatSilaturahim

2 Tahun HPP Muratara, Memperkokoh Persaudaraan Pemuda Perantau

Diperbarui: 12 Februari 2020   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi

Tepat pada 30 november 2017 nanti, Himpunan Pemuda Perantau Musi Rawas Utara (HPP Muratara) genap berusia 2 tahun, sejak di dirikan pada 30 november 2015 lalu, kini HPP Muratara sudah terbentuk kepengurusan di kota palembang, Lubuk Linggau, Prov Jambi, dan beberapa masih proses masa pembentukan seperti di Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Barat. untuk di kota palembang sendiri beberapa kampus besar sudah terbentuk pimpinan komisariat (PK) HPP Muratara.

Sedikit mengulas perjalanan HPP Muratara sejak didirikan sampai sekarang hampir genap 2 tahun, fase-fase yang sudah dilalui oleh HPP Muratara setidaknya sudah 3 fase yang dilewati HPP Muratara yaitu fase pembentukan, fase konsolidasi dan fase perkembangan, kita akan sedikit menelusuri fase-fase tersebut.

Fase Pembentukan

 

Dok.pribadi

Sejak bulan juli bertepatan pada bulan suci ramadhan tahun 2015 gerakan-gerakan kecil untuk membentuk organisasi kepemudaan HPP Muratara sudah mulai terlihat, sampai akhirnya pada 30 nopember 2015 di deklarasikannya HPP Muratara sebagai catatan bersejarah berdirinya HPP Muratara dan di kenalkannya ke publik. Kegiatan pertama yang dilaksanakan bertepatan dengan deklarasi itu seminar kepemudaan dengan tema "Bangkitlah Pemuda Muratara" yang menjadi semangat awal bagi pemuda perantau di kota palembang untuk bersatu, selanjutnya nama HPP Muratara mulai di kenal sejak melaksanakan event HPP Muratara futsal cup yang di laksanakan se-kota palembang pada awal tahun 2016 di lapangan futsal BIGONE plaju. Dengan sosialisasi yang masif dan semangat bangkitnya pemuda muratara HPP Muratara mulai di kenal di kampus-kampus se-kota palembang

Fase Konsolidasi

Dok.pribadi


Sesudah melaksanakan turnamen futsal se-kota palembang HPP Muratara memandang sinergisitas dan bekerja sama itu mutlak dilakukan untuk mencapai tujuan, maka pada pertengahan tahun 2016 HPP Muratara bergabung dengan "Forum Pemuda NKRI Sumsel", dalam forum ini sangat banyak organisasi yang bergabung antar lintas agama, etnis dan suku. HPP Muratara meskipun sebagai organisasi baru berupaya menjaga hubungan baik antar semua organisasi yang tergabung dalam Forum Pemuda NKRI Sumsel tersebut. Beberapa kegiatan dilaksanakan bersama-sama dengan penuh kegembiraan dan persaudaraan, bergabungnya HPP Muratara dalam Forum ini membuat konsolidasi HPP Muratara antar organisasi lain berjalan lebih cepat dan dengan konsistensi nama HPP Muratara mulai di kenal oleh aktivis-aktivis berbagai organisasi khususnya di kota palembang.

Fase Berkembang

Dok.pribadi


Tanpa melewati fase pembentukan dan konsolidasi itu HPP Muratara tidak akan pernah berkembang dan menjadi besar, dengan konsistensi terus bergerak dan berkarya dengan menguatkan persaudaraan pemuda perantau, nama HPP Muratara mulai di kenal pemuda perantau muratara khususnya, baik yang di palembang maupun di luar kota palembang, semangat yang di kobarkan dari palembang membuat kegelisahan pemuda perantau atau mahasiswa muratara di beberapa provinsi menyambut baik dan siap untuk membentuk HPP Muratara di kota-kota atau di provinsi-provinsi diluar sumatera selatan. selain cabang palembang HPP Muratara cabang kota lubuk linggau cabang pertama di luar kota palembang yang resmi di kukuhkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline