Lihat ke Halaman Asli

Yacobis Souissa

GURU IPA SMPN SATAP SAGA

Best Practice Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran Materi Perubahan Fisika dan Kimia

Diperbarui: 1 Oktober 2022   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Saya adalah seorang guru yang mengajar di SMPN Satap Saga, Kecamatan Metemani Kabupaten Sorong Selatan. Jangkauan sekolah dari kota kabupaten yaitu dengan jalur laut dengan waktu tempuh 7-8 jam perjalanan. Walaupun jangkauan sekolah yang begitu jauh dengan sarpras yang tidak memadai saya tetap menggunakan metode dan model inovatif untuk dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk tetap belajar yaitu:

Dengan menerapkan metode demonstrasi, diskusi dan ekperimen pada model PBL dapat meningkatkan motivasi dan minat peserta didik.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:

kurangnya motivasi dan minat pelajar untuk belajar

Tantangannya adalah :

motivasi dan minat pelajar masih rendah untuk menerima pelajaran

pelajar merasa bosan untuk belajar karena guru masih menggunakan metode konfensional

pelajar kurang konsentrasi dalam pembelajaran

guru belum keluar dari zona nyaman untuk menerapkan metode inovatif

Langkah-langkah untuk menghadapi tantangan yaitu :

Guru melakukan demonstrasi dengan bahan yang beada di lingkungan pelajar dan pelajar termotivasi untuk belajar

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline