Lihat ke Halaman Asli

Tansya TrisnatikaDewi

Seorang pemula dalam menulis

Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (Silase) bagi Peternak di Desa Sambi, Sragen, Jawa Tengah

Diperbarui: 16 Maret 2023   23:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi (silase) mahasiswa KKN UNS Kelompok 11 bersama para peternak Desa Sambi. Dokpri

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 11 Periode Januari - Juli 2023, Sukses Mengadakan Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (Silase) Bagi Peternak di Desa Sambi, Sragen, Jawa Tengah

Mahasiswa KKN UNS Kelompok 11 bersama dengan Sociofarm Indonesia melakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi (silase) dengan melibatkan pada peternak Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 dan 19 Februari 2023.

Tujuan dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini yaitu guna meningkatkan sumber daya manusia dan pembudidayaan hewan ternak untuk meningkatan hasil kualitas yang bagus. Pakan ternak menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas ternak. Ketersediaan pakan ternak juga sangat penting untuk menjaga keberlangsungan usaha peternakan. Namun, seringkali peternak mengalami kendala dalam menyediakan pakan yang cukup berkualitas dalam membudidayakan ternak mereka.

Penggunaan pakan pada ternak di Desa Sambi yang berada di Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah sebelumnya masih belum cukup berkualitas baik dan efektif bagi ternak sehingga dampaknya tidak terlalu signifikan bagi tubuh ternak tersebut dan mengurangi hasil kualitas produksi yang dihasilkan. 

Permasalahan lainnya yaitu ketersediaan pakan yang tidak berkelanjutan ketika memasuki musim kemarau. Selain itu banyak peternak yang masih belum mengerti mengenai berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak untuk dapat membantu pertumbuhan dan produktivitas ternak. Sehingga berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka dari itu diadakan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan pemahaman peternak mengenai bagaimana cara membuat pakan ternak fermentasi (silase).

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan pakan ternak fermentasi (silase) bagi peternak Desa Sambi dilaksanakan dalam dua pertemuan yaitu pada tanggal 11 Februari 2023 dan 19 Februari 2023 pada pukul 09.00 WIB. Program kerja ini dilaksanakan dengan mengundang masyarakat, khususnya para peternak dan kelompok - kelompok ternak Desa Sambi. Acara ini dilaksanakan di balai desa dan dihadiri sebanyak 50 orang.

Pada pertemuan pertama dilaksanakan pemberian materi dan menjelaskan tentang pakan ternak fermentasi (silase) secara umum oleh narasumber yang berpengalaman yaitu dari sociofarm. Materi yang diberikan yaitu tentang tata cara pembudidayaan hewan ternak, apa itu pakan ternak fermentasi (silase), manfaat dari silase, dan bagaimana cara pembuatan pakan ternak silase tersebut. Setelah pemberian materi selesai dilakukan, kegiatan selanjutnya yaitu sesi tanya jawab dan diskusi dengan audience terkait dengan materi yang sudah disampaikan. Dengan adanya sesi tanya jawab atau diskusi ini diharapkan para audience menjadi lebih paham tentang pakan ternak fermentasi.

Pada pertemuan kedua dilaksanakan kegiatan praktek secara langsung bagaimana cara pembuatan pakan ternak silase oleh narasumber. Selama sesi ini berlangsung, masyarakat juga dapat bertanya atau berdiskusi dengan narasumber terkait dengan pembuatan silase sehingga masyarakat menjadi lebih paham. Selain itu, audience juga diajak untuk ikut praktek membuat pakan ternak fermentasi (silase).

Dampak dari pelaksanaan sosialisasi dan praktek pembuatan pakan ternak silase yaitu mendorong Desa Sambi untuk memanfaatkan limbah pertanian yang ada dan mengolahnya dengan cara yang baik dan benar sehingga bermanfaat dalam membudidayakan hewan ternak. Selain itu, dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan para peternak di Desa Sambi dapat meningkatkan hasil ternak mereka dan memajukan perekonomian mereka sendiri maupun perekonomian desa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline