Lihat ke Halaman Asli

Profesionalisme Dakwah

Diperbarui: 18 Mei 2024   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wiki How

oleh : Diandi Nurhakim

Di dalam KBBI Profesi adalah pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan atau pendidikan tertentu sedangkan profesional adalah berkenaan dengan pekerjaan, berkenaan dengan keahlian, memerlukan kepandaian khusus untuk melaksanakannya, mengharuskannya adanya pembayaran untuk melakukannya. Dari kedua pengertian profesi dan profesional tersebut maka arti dari profesionalisme yaitu kualitas, mutu, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional.

Dai adalah seseorang yang mengajak, menyampaikan dan juga merubah suatu keadaan menjadi keadaan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Maka jika disepakati, batasan itu lebih sesuai dengan keadaan masyarakat muslim dalam hal penguasaan ilmu, kemampuan dan profesi.


Di dalam lembaga Dakwah pengembangan sikap Profesionalisme, dapat diartikan banyaknya elemen yang ada, namun fokus dakwah pada saat tertentu juga harus di arahkan kepada individu dan kelompok kecil. Seorang mad' u tidak semua sama karena mereka mempunyai karakter yang berbeda-beda, begitu juga dengan dai yang mempunyai style yang berbeda dalam menghadapinya. Dalam pengembangan sumber daya dai yang dilakukan dengan pendekatan individual memungkinkan para dai untuk belajar berbagai cara. Misalnya seorang dai menerima ilmu pengetahuan yang ia peroleh melalui seminar, lo karya, diklat, atau pelatihan sejenisnya pada instansi lain.

Setiap orang yang menjalankan aktivitas dakwah, harus memiliki kepribadian yang baik dan juga sebagai seorang dai juga harus didukung dengan pengetahuan yang memadai. Kepribadian seorang dai meliputi kepribadian yang bersifat eksoterik maupun esoteris. Dalam membentuk kepribadian seorang dai khususnya bersifat rohani yaitu mencakup pada perilaku, sifat, sikap dan kemampuan diri.

Seorang dai yang profesional yaitu memiliki persiapan yang baik jika ada panggilan untuk menyampaikan ceramah di dalam sebuah kegiatan, maka dari itu hal yang penting dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan mental. Bagi seorang dai yang sudah terbiasa tampil mungkin mental tidak masalah, tapi bagi seorang pemula persiapan mental ini sangat penting dan harus disiapkan dengan baik agar di saat tampil tidak down.
  • Harus mempelajari atau memahami acara apa yang akan dihadiri. Apakah acara resmi, upacara, setengah resmi, atau acara tidak resmi yaitu acara santai. Maka kita perlu menyiapkan busana yang baik dari ujung rambut hingga ujung kaki baik laki-laki maupun perempuan. Persiapan materi yang sesuai dengan acara yang dihadiri dan sesuai dengan mad' u .
  • Membuat poin-poin materi yang akan disampaikan. Dengan menulis kita bisa mudah dalam memahami dan merencanakan kalimat yang akan kita ucapkan.
  • Membuat agenda, yaitu kartu-kartu untuk tempat anda menempelkan susunan acara dan draf materi dakwah sebagai pegangan saat bertugas.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline