Lihat ke Halaman Asli

Apa Perbedaan Gitar Listrik dan Gitar Akustik?

Diperbarui: 14 Mei 2023   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Anda yang mengenal musik pasti tau adanya gitar akustik dan gitar elektrik. Namun, apa perbedaan gitar akustik dan elektrik tersebut? Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa kedua jenis gitar tersebut memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Dilansir dari guitarsquartz.net, berikut adalah beberapa perbedaan-nya:

Genre: 

Perbedaan yang pertama pastinya pada genre atau aliran musik. Hal ini begitu jelas dari nama yang dimiliki oleh masing-masing. Gitar akustik biasa dipergunakan untuk anda yang bermain musik akustik yang mana suara petikan gitar akan menjadi lebih dominan dalam bermain musik. Nah, sebaliknya, gitar elektrik digunakan untuk bermain musik dengan genre metal, pop, blues, dan masih banyak lagi.

Ukuran:

Perbedaan gitar akustik dan elektrik yang dapat diketahui adalah ukuran-nya. Pada umum-nya, gitar akustik memiliki bodi yang lebih besar. Disisi lain, gitar elektrik memiliki body lebih ramping. Ciri fisik dari gitar elektrik yaitu bagian fretboard memang dibuat lebih panjang dibandingkan gitar akustik.


Teknologi:

Kedua-nya memiliki perbedaan yang mencolok dalam teknologi yg digunakan. Gitar elektrik sudah dilengkapi dengan fitur built-in kabel jack yang mana sudah menyediakan slot untuk amplifier agar ketika dimainkan suaranya dapat Diperbesar. Apabila anda menonton sebuah konser band, maka anda akan mendengar suara gitar tersebut. Sedangkan hal ini sangat berbeda dengan gitar akustik yang masih memerlukan microphone ketika dimainkan.

Suara:

 Apabila dilihat dari suaranya, gitar elektrik bisa menghasilkan banyak sekali jenis suara. hal tersebut berhubungan dengan jenis efek gitar dan amplifier yang digunakan. Sedangkan gitar akustik memkiliki suara yang lembut. Coba anda lihat pada musik akustik yang mana petikan gitarnya akan terdengar sangat lembut.

Harga:

Harga gitar elektrik cenderung lebih mahal dibanding gitar akustik. Gitar elektrik pada umumnya dijual dengan harga satu juta keatas. Sedangkan untuk gitar akustik dijual dibawah harga gitar elektrik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline