Teguh Suprayogi

Pantai Jogan yang Menawan

Diperbarui: 28 Maret 2020   10:59

dokpri

Pantai Jogan, salah satu deretan pantai di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja. Bisa ditempuh sekitar 2 jam dengan rute Jogja-Wonosari-jalan Baron, Tepus. Pantai ini sendiri berada di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul.

Jalanan menuju lokasi cukup mulus, melewati jalanan berkelok dengan sedikit tanjakan dan turunan di pegunungan karst selatan Jawa ini. Kendaraan roda dua atau empat bisa sampai ke lokasi. Tiket masuknya cukup murah, tahun 2017 lalu hanya 10 ribu rupiah untuk 3 lokasi.

Ya, tempat ini satu rute dengan pantai Siung yang terkenal dengan lokasi panjang tebingnya, pantai Nglambor buat penggemarsnorkling.Dari TPR lurus ke arah Nglambor, ke kiri arah pantai Siung, ke kanan arah ke pantai Jogan. Berbeda dengan Siung dan Nglambor dimana jalannya sudah mulus beraspal sampai ke pantai. Untuk ke pantai Jogan belum diaspal, namun sudah keras dengan cor semen.

Jangan berharap ketemu pasir di pantai Jogan. Yang ada hanya batu karang dan ombak besar yang terus menerus berkejaran. Namun ada daya tarik pantai ini yang tidak terdapat pada puluhan pantai lainnya di Gunungkidul, yaitu air terjun.

Walau tidak terlalu besar dan hanya tinggi sekitar 12 meter tapi terlihat menawan. Berasal dari aliran sungai kecil dan berakhir jatuh dibebatuan karang laut selatan. Akan semakin indah saat musim hujan dimana debit airnya tinggi. Saat musim kemarau masih lumayan juga. Buat yang punya nyali disediakan tangga untuk turun menuju tempat jatuhnya air terjun. Sangat mengasyikan jika ombak tidak terlalu besar.

dokpri

Pantai ini sangat cocok untuk yang tidak suka tempat terlalu ramai. Areanya tidak terlalu luas. Warung penjual makanan sedikit. Suasananya sangat enak dan nyaman. Inilah salah satu pantai di Gunungkidul dimana saya betah berlama-lama menikmati deburan ombak diselingi pemandangan air terjun yang menawan.