Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Evaluasi di PAUD?

Diperbarui: 20 Juni 2015   04:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara Evaluasi di PAUD

Melakukan evaluasi pada sekolah tingkat usia dini berbeda dengan cara melakukan evaluasi pada tingkat dasar, menengah dan tinggi. Evaluasi yang dilakukan pada tingkat usia dini lebih kearah kualitatif daripada kuantitatif.

Ada tiga cara dalam menilai atau mengevaluasi peserta didik PAUD, yaitu :

A.Penilaian Menggunakan Simbol

Cara penilaian

Jika guru akan melaksanakan penilaian menggunakan symbol, maka cara yang dipakai adalah :

a.Observasi

Guru melakukan pengamatan langsung terhadap sikap, perilaku dan kemampuan peserta didik di sekolah.

b.Catatan Anekdot (anecdotal record)

Guru melakukan pengamatan langsung mengenai sikap dan perilaku peserta didik yang muncul secara tiba-tiba.

c.Percakapan

Guru menilai melalui interaksi lisan untuk mendapatkan informasi mengenai pengetahuan peserta didik tentang suatu hal.

d.Penugasan

Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan baik individu maupun kelompok.

e.Unjuk Kerja

Guru melakukan penilaian dengan memberikan tugas dalam bentuk kegiatan yang dapat diamati, misalnya olah raga, praktek menyanyi, atau memperagakan sesuatu.

Contoh format penilaian menggunakan catatan anekdot

B.Penilaian Menggunakan Portofolio

Jika guru akan melakukan penilaian menggunakan portofolio dapat menggunakan cara penilaian berikut :

Kegiatan Observasi, catatan anekdot, percakapan langsung, penugasan, unjuk kerja dan juga mengumpulkan hasil karya anak.

Cara penilaian yang dilakukan hamper sama dengan penilaian menggunakan simbol, tetapi penilaian portofolio lebih lengkap karena disertai deskripsi-deskripsi secara menyeluruh, sedangkan menggunakan simbol hanya dengan simbol-simbol tertentu yang tidak dijelaskan secara rinci.

C.Penilaian Gabungan

Penilaian gabungan adalah cara guru menilai hasil belajar siswa dengan menggabungkan kedua cara diatas, yaitu menggunakan simbol dan juga menggunakan portofolio. Penilaian dengan cara ini yang dianggap sangat tepat karena memadukan kedua cara menadi satu, sehingga dalam melihat nilai peserta didik tidak kesulitan karena menggunakan simbol dan juga diperjelas menggunakan portofolio.

---- Semoga Bermanfaat ---

Sumber :

http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2013/05/pedoman-penilaian-di-tk-dan-paud.html

Bahan Materi Diklat Guru TK PAUD Tahun 2012




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline