Lihat ke Halaman Asli

Mariam Umm

TERVERIFIKASI

Ibu 4 anak

Wafatnya Raja Abdullah dan Legacy yang Ditinggalkan

Diperbarui: 17 Juni 2015   12:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14220656061854010399

[caption id="attachment_392970" align="aligncenter" width="600" caption="Foto: Youtube"][/caption]

Saudi Arabia berduka, atas wafatnya Raja Abdullah Bin Abdul Aziz. Beliau wafat Jumat dini hari tadi diusianya yang ke 90 tahun. Raja Abdullah adalah raja yang ke- 6 di Saudi dan sempat memangku jabatan sebagai  sekitar 10 tahun.

Suasana duka terasa sekali, di Saudi sudah tradisi jika ada anggota kerajaan wafat, maka hampir seluruh televisi Saudi, akan menghilangkan seluruh program tv mereka, menggantinya dengan program yang berisi lantunan alquran sampai artikel ini saya tulis masih berlangsung,yang sempat saya lihat adalah : Saudi tv chanel 1 – KSA1- menampilkan dokumenter biography Raja Abdullah dalam bahasa arab, Saudi tv channel 2- KSA2- menampilkan pesan turut berduka cita dari perwakilan pemerintah seluruh dunia, MBC (middle east broadcast) menampilkan biography Raja Abdullah disertai wawancara, bahkan saluran televisi dari luar Saudi seperti Dubai one dan Kuwait Tv juga menghentikan program siaran tv mereka dan menggantinya dengan me-rely siaran dari quran tv yaitu lantunan alquran. Prosesi sholat jenazah untuk Raja Abdullah juga disiarkan langsung dan di rely oleh hampir semua channel Tv, dan sholat gaib juga dilaksanakan dihampir seluruh masjid di Saudi, masjid dekat rumah saya, melaksanakan sholat gaib selepas sholat maghrib.

iqra tv hari ini , diambil dari tvKu

Dubai one tv hari ini,diambil dari tvKu

Di kota kami,suasana duka juga terasa, tetangga saya yang kebetulan orang Saudi asli, mengatakan dia sangat sangat kehilangan atas wafatnya Raja Abdullah, banyak doa dia ucapkan untuk Raja kesayangannya itu, bahkan anak-nya yang sepantaran anak saya menyadari bahwa “ Baba Abdullah” –itulah panggilan anak anak di Saudi untuk Sang Raja- telah berpulang. Raja Abdullah memang begitu dicintai oleh rakyat Saudi.

Legacy Raja Abdullah,

10 tahun kepemimpinan Raja Abdullah, banyak legacy yang beliau tinggalkan. Saya memang tidak berniat berbicara politik, tetapi 10 tahun hidup di Saudi membuat saya menyadari bahwa dalam kurun waktu tersebut saya menyaksikan sendiri perubahan yang terjadi dalam kehidupan di Saudi,terutama untuk wanita.

Raja Abdullah adalah raja pertama di Saudi yang memberikan kesempatan untuk wanita duduk di kursi pemerintahan, sebelumnya mana ada wanita di Saudi yang diijinkan untuk berpolitik dan duduk dalam shora--pemenrintahan Saudi, tetapi dibawah kepemimpinan Raja Abdullah sejak tahun 2011, sebanyak 30wanita diberikan tugas dan tanggung jawab sesuai tugas mereka di pemerintahan.

Awal awal tinggal di Saudi, sangat tidak mungkin buat saya untuk membeli semua pernak pernik kebutuhan pribadi wanita ditoko manapun di kota saya ini, karena saat itu semua penjaga toko dan kasir adalah laki laki, menyerahkan barang tersebut ke kasir pria atau menanyakan dan minta tolong untuk mencarikan ukuran yang pas untuk kebutuhan pribadi saya ke penjaga toko pria sangat sangat tidak mungkin untuk saya lakukan, tapi itu dulu.

Dibawah kepemimpinan Raja Abdullah, beliau membuka lapangan kerja untuk wanita, dengan memperbolehkan mereka bekerja sebagai kasir ataupun sebagai penjaga toko. Sekarang belanja barang apapun disemua toko dan department store dimanapun di Saudi sangat nyaman buat wanita, pasti ada kasir wanitanya,dan bagian yang khusus kebutuhan pribadi wanita biasanya tertutup dan dilarang untuk pria, penjaga toko bagian tersebut juga wanita, bahkan untuk toko kosmetik dan pakaian dalam,kasir dan penjaga tokonya semua wanita dan toko ini terlarang untuk dimasuki anda para pria. Bank juga begitu ada bank khusus yang melayani nasabah wanita saja, yang petugasnya semua wanita. Para wanita tersebut bisa bekerja sesuai kemampuan mereka karena kebijakan Raja Abdullah.

Selain itu pembangunan di Saudi  juga terus berlangung di bawah kepemimpinan Raja Abdullah, apa sajakah itu?

1.Perluasan Masjidil Haram di Mekkah, dan Perluasan Masjid Nabawi di Madinah----sebagai pelindung dua kota suci,Raja Abdullah mencanangkan perluasan dua kota suci yang sampai sekarang pembangunannya belum selesai, semua ini dimaksudkan untuk kenyamanan para jamaah yang setiap tahunnya terus bertambah, kita doakan pembangunan dua tempat suci untuk umat islam ini bisa segera selesai secepatnya.

2. King Abdullah University For Science And Technology----Awalnya pembangunan universitas ini banyak ditentang oleh kalangan ulama di Saudi, alasannya karena di Universitas ini tidak dilakukan segregasi antara mahasiswa dan mahasiswi-nya, tetapi universitas ini tetap berjalan dan lanjut, dengan mahasiswa/I yang berdatangan dari seluruh dunia,termasuk Indonesia melalui program beasiswa Raja Abdullah.

3. King Abdullah Economic City----sampai sekarang pembangunan kota yang dimulai dari nol ini belum selesai, kota yang dikatakan besarnya hampir 3 kali besarnya kota Manhattan ini, dibangun oleh Emaar yang saya dengar juga sedang membangun tempat wisata di Lombok.

dokumentasi,ndTV

4. King Abdullah Medical City---yang memberikan pengobatan bagi warga Saudi berstandar internasional. King Abdullah Medical City juga melakukan penelitian untuk pencegahan penyakit menular.

5. King Abdullah Sport City di Jeddah----saat ini sedang dibangun dan belum selesai

6. Haramain High Speed Rail Project---sedang dibangun dan belum selesai----ini akan menyambungkan kota Mekkah dan Madinah melalui Jeddah dan King Abdullah Economic City.

7. Quran Tv---program tv adalah siaran langsung suasana di Masjdil haram di Mekkah dengan iringan lantunan ayat suci alquran 24 jam 7 hari seminggu non stop

8. Sunnah Tv---program tv siaran langsung suasana Mesjid Nabawi di Madinah diiringi lantunan bacaan hadis Rasullah SAW yangdibacakan dalam bahasa arab tetapi kadang ada juga bahasa inggris, 24 jam 7 hari seminggu non stop.

Raja Abdullah memang sudah tiada,tetapi legacy yang ditinggalkannya tetap akan ada,dan semoga menjadi ladang amal bagi beliau,

الله يرحمها ويجعل مثواها الجنة. ربنا يكون معك ويصبر قلبك----semoga Allah memberikan rahmat, dan tempat terbaik disisiNYA, dan semoga yang ditinggalkan senantiasa diberi kesabaran.

----Sisi82----




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline