Lihat ke Halaman Asli

Muh Sutrisno

Momong Anak

Bismillah Sebuah Lakuan

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Ketika akan melakukan pekerjaan apapun lazim membaca lafadz basmallah. Yakni mulut berkomat-kamit , bersuara lalu " Bismillahirrahmanirrahim!"

Sahkah ini? Sah. Masuk akalkah ini? Tunggu dulu. Mari kita analisisa !

Lafadz بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ = Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dari artinya kalimat ini adalah suatu rumusan atau konsep untuk dilakuan atau diaplikasikan. Dengan demikian sebagai  sebuah lakukan atau tindakan harusnya tidak membaca lagi konsep itu.

Analoginya : Sebuah konsep berbunyi begini , " Dengan menyebut nama Ibumu yang telah melahirkanmu pamitlah ke sekolah!"  Bagaimanakah mengaplikasikan ini? Tentu bisa jadi  si anak akan mencium tangan ibunya lalu berkata , " Bu ! saya berangkat ya!" Inilah lakukan /tindakan.  Maka si anak tidak akan membaca-baca konsep  ( yang bercetak tebal) itu di depan ibunya. Apalagi dilagukan berulang-ulang.

Ilustrasi lain: Warga mendapat surat dari Kades.Isinya bahwa warga diminta membawa cangkul untuk kerja bakti di balai desa. Aplikasinya? Warga akan datang ke balai desa dengan  membawa cangkul. Bukannya  warga membaca-baca surat tadi ,apalagi dilagukan keras-keras. Lucu dan tidak bernalar.

Dengan demikian bila kita akan melakukan suatu perbuatan mestinya , " Ya, Allah ( menyebut atau mengingat boleh) ...!" baru pekerjaan selanjutnya dikerjakan. Sekian.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline