Lihat ke Halaman Asli

Pendidikan Sex Sejak Dini

Diperbarui: 26 Juni 2015   08:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

“Mama….Papa..aku HAMIL……..”

Tak dapat di bayangkan jika pengakuan itu keluar dari mulut manis sibuah hati………akan marahkah? Akan ditamparkah dia?..atau tetap tenang dalam suka cita? Karena saling menyalahkan pun tak menyelesaikan permasalahan.

Masih ada kesempatan bagi orang tua yang memiliki anak gadis…….hingga pengakuan ituterdengar pada saatnya, bukan pada saat dirinya belum memiliki seorang suami untuk mendampingi dirinya….

Sikap orang tua pada saat mendengarkan pengakuan ituibarat suatu musibah dengan segala pertimbangan privasi……..Ego pun muncul dan mentalpun mulai bersiap untuk menerima sangsi sosial akibat memiliki seorang anak gadis yang hamil diluar nikah……..begitulah adat timur……kehamilan di luar nikah merupakan aib dan memiliki nilai minus

Tak banyak orang tua yang memikirkanperasaan anak gadisnya pada kondisi seperti itu hanya EMOSI dan sebuah penyesalan …..yang sebenar nya sianak sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang…..hargailah dirinya denga cinta berilah pujian pada dirinya untuk kebranian nya mengakui suatu keadaan yang terjadi pada dirinya, …..loh napa harus dipuji?.....perlu jiwa yang besar untuk mengakui suatu perbuatan , daripada sianak mencari solusi sendiri dengan pemikiran yang belum matang hingga dapat menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. ( aborsi dll)

Sudah saat nya pengetahuan SEX diberikan sejak dini……..SEX bukan Tabu,,,,,tapi suatu kebutuhan…….kebutuhan biologis yang selama ini tak banyak dibicarakan tetapi lebih banyak dilakukan

Beberapa tahun silam betapa terkejutnya saat salah satu lembaga survei menunjukan data angka presentasi yang luar biasa, terhadap suatau komunitas wanita di suatu kota…..yang isinya menyatakan…….sebagian besar dari mereka telah melakukan hubungan badan sebelum nikah.

Perlu ditegasi,apabila kita mulai membuka percakapansex dengan si buah hati, bukan berarti kita menganjurkan.……Zaman semakin edan,,,,,,,aktivitas berpacaran yang dilakukan sebagian orang tidak seperti zamn dahulu.yang hanya bertatapan dan berpegangan tangan saja sudah begitu terasa membubuhi hati.

Rasa nya sangat tidak bijaksana apabila orang tua melarang buah hati nya untuk tidak berpacaran…tanpa menjelaskanapa permasalahan nya.

Berapa banyak orang tua yang membesar kan anak dengan penuh ketakutan yang berlebihan? (takut hamil diluar nikah, menghamili), …..tak salah jika kita memberikan pendidikan sex sejak dini, agar si anak dapat mengetahui apa saja yang terjadi jika dia melakukan , apa resiko-resiko yang akan didapati saat memulai memasuki dunia asmara.

Sekali lagi komunikasi menunjukan perannya……tak perlu canggung membicarakan sex dengan anak-anak, agar pengakuan “ MAMA…PAPA..akuHAMIL” …didengar pada saat yang tepat, dan bukan pada saat yang tidak kita inginkan.

by Dino Renaldo Pattinama




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline