Lihat ke Halaman Asli

Hubungan Public Relation dengan Administrasi Publik

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

HUBUNGAN PUBLIC RELATION

DENGAN ADMINISTRASI PUBLIC

Public relation adalah proses interaksi dimana public relation menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak , menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, Public relation ini bertujuan menanamkan keinginan baik, kepercayaan karena adanya pengertian , dan citra yang baik dari publik atau masyarakat .

Public relations juga berfungsi sebagai manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat untuk kedua belah pihak , hubungan atau interaksi inimempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut. Fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi atau lembaga umumdanswasta untuk memperoleh atau membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang mempunyai hubungan atau kaitan, dengan cara mengevaluasi opini publik mengenai organisasi atau lembaga tersebut, dalam rangka mencapai kerjasama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.

Di bidang administrasi publik, public relation sangat penting untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi atau instansi itu. Public relation sangatmempengaruhi kesuksesan atau kegagalan instansi atau organisasai itu.Jikadapat membangun interaksi yang baik,saling mengerti,dan mempunyai rencana yang matang untuk di jalankan secara berkesinambungan maka kerjasama itu dapat sukses dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam administrasi Publik, administrasi terlibat dalam pengambilan keputusan dimana wilayah politik lebih berperan. Dalam ruang publik semua keputusan politik dibuat dan bersifat mengikat kedalam maupun keluar. Sehinnga keputusan yang dibuat harus dijalankan atau dipatuhi.Ruang publik memberikan kewenangan politik pada Administrasi publik untuk membentuk perangkat yang bertugas menegakkan regulasi yang dibuat. Di bidang ini sangat dibutuh kan orang yang bisa berkomunikasi dengan baik .Orang itu harus mempublikasikannya kepada publik,membangun citra baik di masyarakat,mengupdate hal-hal baru dari kedua belah pihak, dan mengevaluasi tanngapan publik atau mmasyarakat demi tercapainya tujuan dan kerja sama yang direncanakan Mempublikasikan keputusan-keputusan itu dapat melalui media sosial ,surat keputusan, dan lainnya.

Selain itu seorang administrasi harus bisa menengahi interaksi, menyusun agenda pertemuan atau rapat, mendiagnosis dan memperbaiki kondisi-kondisi yang menganggu komunikasi di antara kedua belah pihak. Karena komunikasi adalah hal terpenting yang menentukan sukses tidaknya sebuah organisasi atau instansi itu. Jadi sukses atau tidaknya kerjasama itu sangat tergantung dari baik tidaknya, lancar tidaknya komunikasi di kedua belah pihak.

Maka dari itu seorang administrasi publik harus bisa berinteraksi dengan baik dengan publik, menjadi penengah interaksi, menyusun agenda, mendiagnosis dan memperbaiki masalah komunikasi ,dan mempublikasikannya kepada publik atau umum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline