Lihat ke Halaman Asli

Mimuman Keras atau Alkohol akan Membunuh Manusia Secara Perlahan

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Minuman keras atau minuman yang beralkohol ternyata mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan bagi tubuh manusia. Minuman Alkohol tersebut dapat membunuh hidup manusia secara perlahan-lahan. Menurut penelitian dari pusat penelitian sosial mengenai obat dan alkohol Universitas Stockholmyang dilakukan Prof. Robin Room bersama timnya telah menemukan fakta yang mengejutkan bahwa 4% dari semua penyakit disebabkan oleh alkohol, semua itu sebanding dengan 4,1% akibat tembakau dan 4,4% akibat tekanan darah tinggi. Hasil penelitian menyatakan bahwa alkohol menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti kanker mulut, kanker hati atau gangguan lever. Lever bisa bengkak dan akan mengandung banyak air. Sekitar 10-20% penyakit lever dikarenakan oleh konsumsi alkohol. Mengkonsumsi Alkohol juga akan menyebabkan penyakit kanker payudara, penyakit jantung. Lebih parahnya lagi mengonsumsi alkoholjuga berimbas pada serangan penyakit stroke.

Memanfaatkan Alkohol sebagai minuman utama dalam kehidupan akan beresiko sangat buruk terhadap kesehatan paru-paru. Hal tersebut akan memperpendek fungsi protektif dari antioksidan, mempengaruhi ketahanan sistem imun dan memicu kondisi “Alcoholic lung”. Peneliti Universitas Emory, Atlanta mengatakan bahwa manusia yang mengkonsumsi alkohol akan mengalami luka akut pada epitel paru sehingga terjadi penurunan sinyal dari GM-CF dan penurunan permeabilitas dari epitel alveolar. Menurut Prof. Robin Room, alkohol juga mengakibatkan tingginya kecelakaan mobil, tenggelam, terjatuh dan keracunan. Kebiasaan konsumsi alkohol juga menyebabkan terjadinya pembunuhan dan tindakan bunuh diri. Hasil perolehan data di Inggris menyebutkan bahwa dengan meningkatkan harga minuman beralkohol sebanyak 10% akan menurunkan 7% kematian pada laki-laki akibat sirosis atau kanker hati dan 8,3% kematian pada perempuan.

Selain itu, minuman keras atau Alkohol juga dapat membuat mabuk yang biasanya diiringi sakit kepala berat yang menyebabkan mual dan mutah. Peminum akan merasa kecanduan karena Alkohol memberikan sensasi berbeda pada kesehatan jiwa manusia sehingga akan mengganggu kesehatan fisik dan mental manusia. Meminum Alkohol juga berefek menurunkan kesehatan mental manusia. Salah satunya yaitu menurunkan fungsi dari otak, menurunkan kemampuan indera, meningkatkan resiko depresi dan frustasi hingga berimbas pada perubahan perilaku peminumnya.

Waspadalah terhadap minuman Alkohol tersebut. Berhati-hati jangan sampai terkecoh dengan minuman pembunuh itu. Kesehatan itu jauh lebih penting daripada kenikmatan sesaat yang akhirnya membawa petaka untuk kesehatan diri sendiri sehingga hidup terancam terbunuh secara perlahan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hidup sehat akan membawa hidup ini seolah akan hidup seribu tahun lamanya.

(Red-Imam Aris Sugianto#)

Sumber :

Boldsky.com by merdeka.com

Tahukah Anta ? by Tim Majalah Hidayah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline