Lihat ke Halaman Asli

Abdul Adzim Irsad

Mengajar di Universitas Negeri Malang

Pudarnya Etika Sopan Santun di Negeri ini....

Diperbarui: 26 Juni 2015   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Hampir setiap hari koran, tv, media-media memberikan informasi yang tidak mendidik. Anggota DPR yang menjadi teladan juga kasar cara berbicaranya, bahkan terkesan tidak ber-etika. Pansus, juga mengeluarkan kata-kata yang kasar, seolah-olah tidak pernah mendapatkan pendidikan moral pancasila.  Hari demi hari, Negeri Indonesia tidak lebih baik, justru tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga, seperti Vitnam, Malaysia, Philipina, apagi dibadingkan dengan Singgapura dan China.

Perbedaan yang terjadi dikalangan dewan sangat wajar,akan tetapi tidak seharusnya mengeluarkan kata-kata yang kasar dan tidak sopan, apalagi Indonesia terkeanal dengan adat ketimuran. Jangan-jangan, orang barat itu yang sudah menjadi orang timur. Mereka disiplin, tepat waktu, serta tidak pernah menyakiti teman, tetangga, bahkan mereka menjunjung nilai-nilai demokrasi.?

Tidak satupun agama mebolehkan berkata-kata kasar, apalagi islam. Nabi mengajarkan, agar supaya memilih kata-kata yang bijak, serta menyusun redasksinya dengan bagus, karena khawatir akan menyakiti lawan bicaranya. Akan tanpak lebih ksatria, jika mengunakan kritikan pedas dengan redaksi yang bagus dan tajam...

Seoag Negeri ini terus berjaya...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline