Lihat ke Halaman Asli

Ayo, Laksanakan IMD (Inisiasi Menyusui Dini)

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Suatu kelahiran bagi seorang ibu yaitu berarti suatu berkah yang di berikan oleh ALLAH Subhana Watta Allaah. Dimana, kelahiran ditandai dengan lahirnya seorang bayi atau lebih dari rahim sang ibu.

Dalam sebuah proses kelahiran sebaiknya setelah lahirnya sang bayi dari rahim sang ibu maka sebaiknya di lakukan proses IMD atau Inisiasi Menyusui Dini.Dimana, hal ini sangat bermanfaat bagi sang ibu dan sang bayi. Yang mana salah satu manfaatnya yaitu lebih mempererat hubungan antara ibu dan anak.

Inisiasi menyusu dini (IMD) atau early lactch on/breast crawl menurut UNICEF  merupakan kondisi ketika bayi mulai menyusu sendiri setelah lahir, yaitu ketika bayi memiliki kemampuan untuk dapat menyusu sendiri, dengan kriteria terjadi kontak kulit ibu dan kulit bayi setidaknya dalam waktu 60 menit pertama setelah bayi lahir. Cara bayi melakukan IMD dinamakan the breast crawl atau merangkak mencari payudara.

Terdapat beberapa manfaat penting Inisiasi Menyusui Dini, antara lain Mengurangi tingkat kematian bayi: Inisiasi menyusu dini bisa mempengaruhi resiko kematian pada bayi yang baru lahir dengan empat mekanisme (Edmond et al, 2006), yaitu :


  1. Angka kematian yang lebih rendah pada bayi mungkin terjadi karena ibu yang menyusui anak mereka segera setelah lahir memiliki kesempatan lebih besar untuk berhasil membangun dan mempertahankan menyusui selama bayi.
  2. Pemberian makanan prelaktal dengan antigen yang bukan dari ASI dimungkinkan mengganggu fisiologi normal usus.
  3. ASI kaya akan komponen imun dan non imun yang dapat mempercepat maturasi usus, resisten terhadap infeksi, dan pemulihan jaringan epitel dari infeksi. Total protein dan imunoglobulin juga menurun di hari pertama kehidupan (konsentrasi tertinggi pada hari pertama, setengah hari pada hari kedua, dan menurun secara perlahan pada hari-hari berikutnya).
  4. Pemberian kehangatan dan perlindungan dapat mengurangi resiko kematian akibat hipotermia selama hari pertama (terutama pada bayi prematur).

Selain itu, IMD juga memiliki manfaat dan keuntungan bagi sang ibu antara lain adalah sebagai berikut :


  1. Merangsang produksi oksitosin dan prolaktin.
  2. Meningkatkan keberhasilan produksi dan memperlancar ASI sang Ibu.
  3. Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dan bayi.

Inisiasi Menyusui Dini akan sangat membantu dalam rangka kelangsungan pemberian ASI eksklusif dan juga lamanya pemberian ASI dari sang ibu kepada bayinya nantinya. Dengan demikian bayi akan terpenuhi akan hal terkait dengan kebutuhan akan zat gizi dan nutrisinya minimal sampai dengan anak nantinya berumur 2 tahun. Dan merupakan bagian dari cara tips serta kiat mencegah anak kekurangan gizi pula.

Jadi….. diharapkan kepada para ibu untuk menjalankan program IMD yang berguna bagi anak dan juga ibu.

Sumber:

http://askep-net.blogspot.com/2013/11/manfaat-tujuan-inisiasi-menyusu-dini-imd.html

http://www.indonesian-publichealth.com/2013/12/mengapa-inisiasi-menyusui-dini-imd.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline