Lihat ke Halaman Asli

TIK

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern sekarang ini tidak pernah lepas dengan segala hal yang berbau electronik. Karena peralatan teersebut secara nyata telah mampu membantu di dalam keseharian umat manusia. Salah satu dari contohnya adalah komputer. Komputer telah lama ditemuka sejak berabad-abad lalu. Namun sampai sekarang tidak semua dari kita mengerti tentang komputer. Untuk itu mempelajari pengantar TI cukup penting untuk mengetahui tentang komputer lebih lanjut. Di dalam menjalankan suatu sistem komputer terdapat beberapa komponen penting diantaranya adalah:

ØCommuniction

ØApplication

ØOperating system

ØProgramming

ØHardware

ØInformation

Sebagaimana ilustrasi disamping

Sejarah komputer

Komputer yang pertama adalah ENIAC singkatan Electronic Numerical Integrator And Calculator. ENIAC dibuat di University of Pennsylvania antara tahun 1943 dan 1945 ole dua profesor John Mauchly dan J. Prespert Eckert yang berusia 24 tahun. ENIAC ini berbentuk sangat besar memenuhi ruangan sebesar 20 x 40 kaki, bebobot 30 ton, dan menggunakan lebih dari 18.000 tabung hampa. Menggunakan pembaca kertas berlubang seperti Mark I, dan ENIAC ini memerlukan ruangan yang didesain dengan sistem pendingin udara yang kuat mengingat ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa yang masing-masing menghasilkan panas seperti bola lampu .

Adapunkendala dari ENIAC adalah jika ingin memprogram ulang maka harus mengatur ulang kabel penghubung dan pengaturan saklar seperti yang terlihat pada gambar diatas. Saat ENIAC selesai dibuat dan terbukti dengan dana pengembangan yang dikeluarkan. Desainernya mulai mencoba untuk menghilangkan fakta untuk memprogram ulang komputer membutuhkan modifikasi fisik yang perlu waktu berhari-hari. Eckert dan Mauchly bergabung bersama John Von Neumann(seorang matematikawan) untuk mendesain EDVAC, yang mempelopori data tersimpan. Namun penemuan ini sering salah dihargai karena dianggap Neumann menjiplak pekerjaan Eckert jauh sebelum dia bekerja dengan Neumann. Setelah munculnya ENIAC dan EDVAC bermunculan pula komputer-komputer lainnya. Seperti ILLIAC, JOHNNIAC, dan MANIAC.

Hingga akhir tahun 1950-an komputer tidak lagi sebagai alat satu-satunya yangdibuat dengan tangan dan hanya dimiliki oleh universitas-universitas dan laboratorium penelitian pemerintah. Karena terjadi keraguan hak paten dari penemuan mereka Eckert dan Mauchly meninggalkan universitas Pennsylvania dan mendirikan perusahaan dan mengeluarkan produksi pertama yaitu UNIVAC(Universal Automatic Computer) dan merupakan komputer pertama yang diproduksi secara massal. UNIVAC adalah komputer pertama yang menggunakan pita magnetis. Pada perkembangannya UNIVAC ini mengalami kerugian lalu muncullah IBM yang akhirnya dapat berkembang lebih baik daripada UNIVAC.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline