Lihat ke Halaman Asli

Kapitalisme dalam Perekonomian

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Apakah anda tahu tentang kapitalisme?

Sebenarnya saya juga baru belajar tentang kapitalisme dalam perekonomian global. Jadi bila pemahaman saya salah tolong dibetulkan J

Menurut teori yang saya baca, yaitu teori teori Adam Smith, beliau menjelaskan bahwa kapitalisme yaituperpaduan antara kepentingan individu di satu pihak dan kepentingan publik di pihak yang lain. Dari situdapat diartikan bahwa kapitalisme merupakan sebuah sistem ekonomi yang lebih berorientasi pada pemenuhan kebutuhan ekonomi secara individu. Meskipun demikian, orientasi individu tetap merupakan tahapan awal bagi kepentingan publik atau sosial.

Teori tentang sistem ekonomi kapitalisme juga dituangkan Adam Smith dalam buku karyanya yaitu The Wealth of Nations. Pada tahun 1995 Sjahrir menerjemahkan The Wealth of Nations yang membidani lahirnya teori kapitalisme itu dengan membuat rincian sederhana seperti, apa yang harus diproduksi dan dialokasikan, bagaimana cara memproduksi dan mengalokasikan sumber daya, serta bagaimana cara mendistribusikan sumber daya dan hasil produksi.

Sebelum menginjak lebih jauh lagi tentang sistem ekonomi kapitalisme, apakah anda tahu siapa saja pelopor atau orang yang paling berperan dalam sistem kapitalisme?

Teori – teori yang saya ambil di atas merupakan teori yang saya ambil dari salah satu tokoh pelopor sistem ekonomi kapitalisme. Yup, beliau adalah Adam Smith yang memberikan dasar – dasar ekonominya. Selain itu terdapat 2 tokoh lagi yang memicu lahirnya sistem ini yaitu Martin Luther yang memberi dasar-dasar teosofik dan Benjamin Franklin yang memberi dasar-dasar filosofik.

Menurut anda kapan dimulainya sistem ini?

Kalau menurut saya sih.. Saya kurang tau, hehe :D.

Mungkin Dudley Dillard tau. Hei Dudley Dillard kapan sistem ekonomi kapitalis mulai ada?

#justkidding

Menurut para pakar kapitalisme sebagai sistem perekonomian dunia baru dimulai sejak abad XVI. Namun menurut Dudley Dillard pada zaman kuno sebenarnya sudah ada model-model ekonomi yang merupakan cikalbakalkapitalisme. Bagi Dudley Dillard, kapitalisme tidak hanya dipahami sebagai sistem ekonomi pasca abad XVI. Kantong-kantong kapitalisme sebagai cikalbakaldan ruh kapitalisme justru mulai berkembang diakhir abad pertengahan.

Selain pendapatnya tentang dimulainya sistem perekonomian kapitalis, Dudley Dillard membagi urutan perkembangan kapitalisme menjadi tiga tahapan, secara kronologis dalam tahapan sejarah perkembangannya yaitu Kapitalisme Awal (1500-1750), Kapitalisme Klasik (1750-1914) dan Kapitalisme Lanjut (Paska 1914).

Sekian informasi tentang perekonomian kapitalisme, maaf jika ada salah kata.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline