Lihat ke Halaman Asli

NASA Membuka Pendaftaran Untuk Menjadi Astronot

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_140562" align="aligncenter" width="550" caption="Picture from NASA"][/caption] Apakah anda mempunyai mimpi terbang keluar angkasa, mengendarai roket atau pesawat antariksa ?. Sekarang mimpi anda bisa jadi kenyataan. Karena impian tersebut tidaklah mustahil. Karena masih ada kesempatan untuk bergabung dengan korps astronot seperti NASA.

National Aeronautics and Space  Administration ( NASA ) adalah agensi pemerintah Amerika Serikat yang bertugas dalam penelitian dan pengembangan ilmu tentang antariksa. Bagi yang berminat menjadi astronot, pendaftaran akan dibuka  pada awal November bulan depan. Pelatihan kepada calon astronot akan dilakukan selama empat tahun kedepan. Setelah mengusai semua sistim kerjanya, para astronot tersebut akan diberangkatkan menjalani misi pengembangan stasiun ruang angkasa internasional dengan mengendarai pesawat luar angkasa SOYUZ.

SOYUZ adalah pesawat luar angkasa buatan Rusia. Awalnya SOYUZ dirancang sebagai bagian dari program Luna ( pesawat tanpa awak yang pernah diluncurkan ke bulan oleh Rusia pada tahun 1959 dan 1976 ). Namun kini SOYUZ  dialih fungsikan sebagai pengangkut kosmonot dari stasiun raung angkasa yang satu ke stasiun luar angkasa yang lain oleh pihak Rusia.

Dikutip dari BBC Indonesia, para calon astronot harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut,

  • Umur 26 sampai dengan 46 tahun
  • Memiliki mata atau pandangan yang bagus
  • Latar belakang yang relevan
  • Memiliki pengalaman terkait tentang antariksa

Bergabung dengan korps astronot NASA dibuka untuk umum karena semua orang bisa berpartisipasi dalam rangka pengembangan program explorasi NASA  ini. Dan mungkin bisa dijadikan pengalaman yang tidak pernah terlupakan pada diri astronot tersebut.

Video kutipan dari BBC,

( Video berdurasi 1 menit 34 detik. Isi dari video ini sebagian adalah peluncuran produk terbaru dari jepang dan pendaftaran calon astronot )




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline