Lihat ke Halaman Asli

Sambut Tahun Baru dengan Pribadi Baru

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14198885111705133969

Judul Buku: The Secret of Self Improvement

ISBN: 978 – 602 – 03 – 1183 -8

Penulis: Okina Fitriani Dkk

Penerbit: Gramedia

Terbit : Desember 2014

Halaman: 260 Halaman

Menutup akhir tahun, sekaligus bersiap membuka lembaran baru di awal tahun, rasanya sudah tidak aneh, jika orang beramai-ramai membuat resolusi tentang hal-hal apa saja yang ingin dicapai di tahun baru nanti. Sebagian lagi bahkan bertekad ingin merubah diri menjadi lebih baik.

Namun bagaimana caranya kita mampu berubah jika hal-hal yang harus kita rubah dalam diri saja kita tidak paham. Karena kunci suksesnya sebuah perubahan justru disaat kita tahu persis apa yang harus kita rubah, kemudian secara bertahap kita perbaiki.

Melalui buku ini, penulis yang juga seorang psikolog, ahli parenting dan konsuler pernikahan mengajak pembaca menembus alam bawah sadarnya melalui metoda NLP, sehingga pembaca dapat melakukan sebuah perubahan secara lentur namun hasilnya drastis, dimana efeknya dapat membuat hidup lebih mudah, nyaman dan membahagiakan.

Buku ini terdiri dari 3 bagian, pada bagian I penulis memberikan pengantar tentang apa itu NLP (Neuro-Linguistic Programming), betapa program ini mampu memberi efek luar biasa terhadap self improvement seseorang. Bagian dari proses perubahannya terdiri dari Membingkai Peristiwa, Meraih Makna, (dapat membantu kita memilih respon yang tepat terhadap peristiwa, sehingga peristiwa troumatis sekalipun tetap dapat memberi makna), Indra Jendela Makna, (mengoptimalkan fungsi panca indra agar mudah menarik makna peristiwa), Bebaskan Diri dari Belenggu, (fobia atau trouma dapat dihilangkan dengan mudah), Tujuan adalah Permulaan, (membantu mengarahkan tujuan secara spesifik, sehingga hasilnya pun fokus), Menjadi Komunikator Andal (kemampuan mengkombinasikan berbagai jenis bahasa hipnotis, dapat membuat kita piawai berkomunikasi dengan siapapun), Optimalisasi Diri (mengembalikan fitrah manusia sebagai mahluk sempurna, dimana nantinya kemampuan diri akan melesat optimal). (halaman 1-51)

Selanjutnya pada bagian II, berisi kumpulan kisah inspiratif yang ditulis oleh 12 orang rekan penulis, dimana mereka merupakan alumnus kelas NLP yang diselenggarakan oleh penulis. Terdapat 16 kisah yang isinya berisi tentang pengalaman pribadi masing-masing saat mempraktekkan NLP dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sebut saja Melati yang mampu membingkai makna melalui perjalanan umrohnya (halaman 62), kemudian Mira Soneta yang berhasil bebas dari rasa troumanya (halaman 111), lalu Novi Wikinson yang berubah menjadi komunikator andal dalam rumah tangganya (halaman 187), Yuni Kurniah yang berhasil mengajarkan anaknya bersepatu roda dengan cara optimalisasi bawah sadar (halaman 203), dan Nunik Amirul yang berhasil merubah dirinya sehingga sanggup merubah anaknya juga saat mengalami kasus bullying (halaman 234).

Pada bagian terakhir ditutup dengan Epilog, berisi penegasan ulang dari penulis, tentang pentingnya keinginan tinggi dan ketekunan saat melakukan tahapan NLP, sehingga saat kunci-kunci rahasia perubahan diri sudah digenggam, keputusan move on tetap dipengaruhi oleh individu masing-masing. Namun saat awalannya sudah berhasil didobrak, maka nikmatilah kita akan dapat menjadi tuan dari pikiran dan perasaan kita sendiri, sehingga kita mampu memilih makna terbaik dari peristiwa yang paling tidak mengenakkan sekalipun, dimana ujungnya nanti efek perubahan kita akan mampu mengubah orang-orang di sekeliling kita juga. (halaman 251).

Membaca buku ini seolah membawa pembaca masuk ke dalam kelas pelatihan NLP secara Live , dimana penulis bertindak sebagai pengarah, sedangkan 12 rekannya berbagi kisah inspiratifnya tentang penerapan NLP pada kehidupan mereka masing-masing. Penuturan bahasa yang mengalir ringan, dimana petunjuk teknis aplikasi NLP pun dibuat sangat sederhana, sehingga mudah dipahami dan dipraktekkan.

Sebuah buku yang wajib dimiliki bagi siapapun yang menginginkan perubahan. Dapat menjadi teman anda dalam menentukan resolusi terbaik dengan fokus pada tahun baru nanti. Maka nikmatilah bahwa berubah dan bertumbuh menjadi lebih baik itu bisa dan mudah, sehingga semua tujuan resolusi anda pun tercapai dengan mudah sekaligus membahagiakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline