Fenomena masyarakat Indonesia pun mulai berubah dengan sistem perdagangannya yang tadinya tukar-menukar dalam menjalankan bisnisnya, muncullah media konvensional seperti koran, majalah, TV dan Radio yang bagaimana cara mempromosikan bisnis dan jual-beli barang mereka melalui media konvensional.
Pada akhirnya sistem perdagangan pun mulai berubah kembali dengan seiring perkembangan teknologi komunikasi yang begitu modern muncullah media online untuk melakukan jual-beli (E-Commerce) masyarakat modern menggunakan media online untuk jual-beli.
Ecommerce adalah Perdagangan Jual-Beli melalui media Online/ Daring (New Media) yang melalui saluran Internet.Ecommerce sebagai penyedia jasa layanann jual-beli antara si penyedia layanan jasa (bisnis) (B) ke costumer (C) B TO C, lalu Costumer ke Costumer C TO C yang dimana secara langsung dalam melakukan transaksi jual-beli antara penjual ke pembeli tanpa ada perantara.
Ecommerce itu perpanduan Komunikasi Industri Media Online / DARING (New Media) dengan Ekonomi, yang dimana perkembangan dari Industri Media Online (New Media) dengan perdagangan jual-beli (ekonomi) yang ada di Indonesia.Dalam Perkembangannya Ecommerce juga membantu Ekonomi Kreatif, Ekonomi UMKM, Ekonomi Masyarakat dan Juga Ekonomi Nasional Indonesia.
Contoh Ecommerce yang ada di Indonesia ada OLX, Bukalapak, Marketplace, Tokopedia, Kaskus, Berniaga, Shopee, Lazada,Amazon, bliblicom, Bhinneka dll. Pada akhirnya sistem perdagangan pun mulai berubah dengan seiring perkembangan teknologi komunikasi industri media online / daring (new media) dalam melakukan jual-beli (E-Commerce) masyarakat modern menggunakan media online untuk jual-beli yang ada di Indonesia.
Dalam melalui media online / daring (new media), pengusaha dapat menghemat biaya di bandingkan media massa atau media konvensional lainnya, dengan demikian jika media online / daring (new media) dimanfaatkan dengan efektif, efisien dan benar dapat menyumbang banyak sekali keuntungan dan kemudahaan di era persaingan global, era digitalisasi media, era dalam jaringan internet, era keterbukaan informasi publik yang secara langsung tanpa ada perantara.
Ayo gunakan media online /daring (new media) untuk kehidupan yang lebih baik.
Penulis
R Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom