Lihat ke Halaman Asli

Cahyo Prabowo

Enjo, Sederhana, Rendah Hati

E-Commerce Perpanduan Komunikasi Industri Media Online (Daring) dengan Ekonomi Indonesia

Diperbarui: 24 Juni 2019   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Fenomena masyarakat Indonesia pun mulai berubah dengan sistem  perdagangannya yang tadinya tukar-menukar dalam menjalankan bisnisnya, muncullah media konvensional seperti koran, majalah, TV dan Radio yang bagaimana cara mempromosikan bisnis dan jual-beli barang mereka melalui media konvensional. 

Pada akhirnya sistem perdagangan pun mulai berubah kembali dengan seiring perkembangan teknologi komunikasi yang begitu modern muncullah media online untuk melakukan jual-beli (E-Commerce) masyarakat modern menggunakan media online untuk jual-beli.

Ecommerce  adalah  Perdagangan  Jual-Beli melalui media  Online/ Daring (New Media) yang melalui saluran  Internet.Ecommerce sebagai  penyedia  jasa  layanann jual-beli  antara si  penyedia  layanan jasa (bisnis) (B) ke costumer (C)  B  TO C, lalu Costumer  ke  Costumer  C TO  C yang dimana secara langsung dalam  melakukan transaksi jual-beli antara penjual ke pembeli tanpa ada perantara.

Ecommerce itu perpanduan Komunikasi Industri Media Online / DARING (New Media) dengan Ekonomi, yang dimana perkembangan dari Industri Media Online (New Media) dengan perdagangan jual-beli (ekonomi) yang  ada di Indonesia.Dalam  Perkembangannya Ecommerce juga membantu Ekonomi Kreatif, Ekonomi UMKM, Ekonomi Masyarakat dan Juga Ekonomi Nasional Indonesia.

Contoh Ecommerce yang ada di Indonesia ada OLX, Bukalapak, Marketplace, Tokopedia, Kaskus, Berniaga, Shopee, Lazada,Amazon, bliblicom,  Bhinneka dll. Pada akhirnya sistem perdagangan pun mulai berubah dengan seiring perkembangan teknologi komunikasi industri media online / daring (new media) dalam melakukan jual-beli (E-Commerce) masyarakat modern menggunakan media online untuk jual-beli yang ada di Indonesia.

Dalam melalui media online / daring (new media), pengusaha dapat menghemat biaya di bandingkan media massa atau media konvensional lainnya, dengan demikian jika media online / daring (new media) dimanfaatkan dengan efektif, efisien dan benar dapat menyumbang banyak sekali keuntungan dan kemudahaan di era persaingan global, era digitalisasi media, era dalam jaringan internet, era keterbukaan informasi publik yang secara langsung tanpa ada perantara.

Ayo gunakan media online /daring (new  media)  untuk  kehidupan  yang  lebih baik. 

Penulis

R Cahyo Prabowo, S.Ikom, M.Ikom




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline