Lihat ke Halaman Asli

Makanan Sakral Dan Tabu Yang Sangat Bernutrisi Tinggi di Indonesia.

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Mungkin anda sering mendengar makan-makanan yang di larang di konsumsi karena alasan-alasan yang tidak masuk akal, jika kita pikirkan untuk di zaman sekarang ini. Ada beberapa jenis makanan yang di anggap tabu tapi bernutrisi tinggi bila di konsumsi. Sungguh sayang bukan jika makanan yang memiliki nutrisi tinggi namun, di larang di konsumsi karena alasan tertentu, padahal makanan itu sungguh melimpah dan mudah di dapatkan di daerah kita. Di Indonesia sendiri ada banyak makanan yang di larang atau di anggap tabu untuk di konsumsi tapi memiliki nilai gizi yang tinggi. Beberapa makanan yang di anggap tabu tapi memiliki nutrisi tinggi yaitu :

1.Larangan memakan kelor

Daun kelor adalah salah satu jenis makanan yang di larang di konsumsi oleh orang jawa. Menurut kepercayaan orang Jawa, bahwa daun kelor bisa digunakan untuk mengusir, menangkal ilmu hitam dan digunakan pada saat upacara kematin sehingga orang jawa berkeyakinan untuk tidak mengonsumsi daun kelor sebab jika di konsumsi daun kelor akan berdampak negative terhadapkesehatan kita. Namun berdasarkan penelitian bahwa daun kelor adalah makanan yang bernutrizi tinggi, kandungan vitamin A dalam daun kelor lebih tinggi dua kali lipat dari pada sayur bayam, tiga puluh kali lipat dari buncis. Daun kelor juga mengandung kalsium yang sangat tingggi sekitar 440mg/100g, serta fosfor 70mg/100g. berdasarkan hasil riset daun kelor mengandung nutrisi penting yaitu : sepuluh vitamin esensial dan sebelas mineral penting, 24 nutrisi anti-inflamasi, asam lemak omega-3 dan omega -6 dan Sembilan asam esensial penting. Melihat begitu banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun kelor sungguh sayang, bila kita tidak mengkonsumsi daun kelor karena alasan tabu.

2.Larangan Makan sayurjantung pisang

Jantung pisang merupakan bunga pisang yang akan bertukar menjadi buah pisang apabila matang. Jantung pisang biasanya di olah menjadi sayur yang sangat lezat bila di konsumsi. Namun ada salah satu suku di Indonesia yang melarang mengonsumsi jantung pisang khusunya anak kecil karena kelak akan berakibat sianak akan bodoh, dungo, dan bloon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa jantung pisang merupakan salah satu bahan pangan yang mengandung nutrisi paling kompleks. Jantung pisang banyak mengandung zat yang baik untuk kesehatan seperti protein, fosfor, mineral, kalsium, vitamin B1, vitamin C, kandungan serat yang cukup tinggi , dan memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, baik untuk di konsumsi orang yang sedah melakukan program diet. Selain itu bagi penderita diabetes juga aman mengkonsumsi jantung pisang karena indeks glikemiknya yang rendah.

Ketika melihat kandungan gizi yang terdapat di dua makanan ini, sangat sayang bukan, jika kita tidak mengonsumsi kedua makanan ini dalam kehidupan kita sehari-hari, mengingat kandungan gizi yang terkandung dalam dua makanan ini yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk kesehatan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline