Lihat ke Halaman Asli

Tidur Ngiler

Diperbarui: 24 Juni 2015   03:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

kenapa orang tidur ngiler?

hayoo siapa yang suka tidur ngiler ?

gimana rasanya tidur ngiler?

ada gak sih cara mengatasi masalah ngiler ?

di malam hari atau pun di siang hari yang pasti namanya ngiler itu kebanyakan pas kita tidur. ngiler yaitu keluarnya air liur dari mulut kita saat kita tidur atau pun tertidur.jelas ini sangat mengganggu apalagi kalau kita sedang tidur bareng orang lain, kalau sama 1 keluarga sih gak papa tapi coba bayangkan jika kita lagi tidur sama orang lain atau sama teman kita. pasti orang itu akan bilang kalau kita jorok, jijik, ceroboh dan apalah itu hahaha.sedih banget

menurut orang - orang yang saya tanyai mengiler adalah hal yang wajar tapi untuk kalangan bayi - bayi karena dalam hal ini bayi akan mengalami pertumbuhan gigi. tapi jika untuk kalangan bukan bayi atau dewasa hal ini bisa jadi wajar atau bisa juga hal yang tidak wajar. hal wajarnya adalah misal kita sedang mimpi makan eskrim, bakso atau apalah yang kira - kira mantap dan mak nyussss. atau sedang mimpi bertemu wanita cantik atau laki- laki yang berwibawa. dan hal yang membuat ngiler ini tidak wajar adalah jika tiap tidur pasti mengiler sampai dalam bantalnya membentuk pulau - pulau yang indah dan berbau gimana gitu.

dalam istilah medis mengiler disebut juga dengan istilah siallorrhea,

lalu apa sih faktor penyebab seseorang itu ngiler?

menurut saya sendiri mengiler di sebabkan karena seseorang itu bermulut kering sehingga memproduksi air liur yang berlebih.

tapi dalam istilah lain ada juga faktor lain yang menyebabkan seseorang tidur ngiler yaitu seseorang tidur dengan keadaan mulut terbuka, jelas ini adalah faktor yang nyata karena dengan orang tidur dalam posisi mulut terbuka akan sangat mudah mengiler, dan juga seseorang itu sesekali akan bernapas dan menghembuskan napas melalui mulut sehinggan mulut akan kehilangan kelembabannya dan mengakibatkan mulut menjadi kering. faktor lain yang bisa menjadi kemungkinan adalah adanya masalah dengan gigi dan gusi misal gigi berkarang atau gusi yang sedang bengkak. dan yang terakhir adalah anatomi mulut yang tidak normal. misalnya lidah yang terlalu panjang, giginya yang tidak teratur atau lain sebagainya.

buat yang suka tidur ngiler jangan khawatir dengan masalah ini. karena ini bisa diatasi dan di cegah. untuk pencegahannya gak sulit - sulit banget kok

di antara nya gosok gigi dan membersihkan lidah sebelum tidur atau menjaga kelembaban  mulut kita supaya tidak kering.

selain pencegahan bagi kita - kita semua yang masih suka tidur ngiler jangan takut karena masalah ini bisa di atasi, karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya. sedikit solusi yang bisa di praktekkan antara lain memposisikan tidur kita dengan benar sehingga kita bisa tidur dalam keadaan yang nyaman. atau kita hindari posisi tidur miring walaupun untuk sebagian kalangan posisi ini sangat enak apgi ditambah dengan guling pasti tambah enak tapi untuk para pengilers ini adalah posisi yang sangat berbahaya karena posisi ini sangat memudahkan untuk celah keluarnya air liur. solusi lain yaitu berkonsultasi dengan dokter dan minta dokter untuk mengatasi masalah ini. jadi  buat para pengilers boleh di coba sedikit tips dari saya semoga bermanfaat. :-)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline