Lihat ke Halaman Asli

Giyat Yunianto

Insya ALLOH profil yang saya buat dapat dipertanggungjawabkan.

Akibat Fatal Kelebihan Kapasitas

Diperbarui: 13 Juli 2016   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Lembaga Pemasyarakatan atau lapas merupakan tempat binaan bagi mereka yang telah mendapatkan vonis bersalah dari hakim.Ya, suka atau tidak, setiap manusia yang telah divonis bersalah harus mau tinggal di Lapas

Sebagai tempat binaan sudah seharusnya lapas sesuai dengan kapasitas agar pembinaan dapat dilakukan secara baik dan benar.Hal tersebut adalah mutlak agar para pembina tidak kesulitan dalam membina warga binaan.

Jika lapas kelebihan kapasitas dapat dipastikan akan menimbulkan banyak masalah dan masalah yang "dihasilkan" pun bukan masalah yang ringan bahkan mungkin dapat berujung pada kematian.

Pemerintah harus tanggap dan tidak boleh membiarkan hal tersebut terlalu lama karena biar bagaimanapun juga para penghuni lapas merupakan manusia yang harus diperlakukan secara manusiawi.Jika tidak diperlakukan secara manusiawi maka dapat dipastikan hanya akan membuang-buang anggaran.

Insya ALLOH jika lapas telah diperbaiki kapasitasnya, tak akan ada lagi kerusuhan yang selama ini kerap kita dengar dan para warga binaanpun akan betah dan akan terus memperbaiki perilakunya ke arah yang lebih baik.

Ya ALLOH berilah hidayah kepada para penghuni lapas agar mereka mampu menjadi manusia yang mandiri dan tangguh dalam menjalani kehidupannya.Aamiin.WallohuA'lamBishowab.Semoga Bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline