Lihat ke Halaman Asli

Giyat Yunianto

Insya ALLOH profil yang saya buat dapat dipertanggungjawabkan.

Copas Tidak Merugikan Siapapun

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Setiap manusia yang telah bekerja keras menghasilkan karya pasti akan sakit hati jika karyanya disalin tanpa izinnya.Internet memang mempermudah seseorang untuk mengcopas setiap artikel yang dilihat tanpa harus minta izin si pembuat.

Kemudahan tersebut patut disayangkan karena sering disalahgunakan oleh sebagian orang.Dengan dalih waktu yang mepet atau ingin mendapatkan sesuatu jika berhasil membuat sebuah artikel dengan tema tertentu maka sudah dapat dipastikan internet akan menjadi pelarian.

Yang lebih memprihatinkan lagi budaya copas bukan hanya dilakukan oleh orang yang "tidak hobi berpikir" namun juga oleh orang yang telah mendapatkan gelar dari perguruan tinggi.Dengan demikian semakin jelas bahwa orang yang bergelar belum tentu memiliki akhlak yang terpuji.

Tidak mudah memang mencegah atau menghentikan budaya copas, karena kecanggihan teknologi dan semakin berkembangnya kelicikan manusia dalam melakukan plagiat, namun sebagai bangsa yang berkemanusiaan yang adil dan beradab tidak ada salahnya kita berusaha untuk optimis.

Dibalik kejelekan copas pasti ada sisi positif yang dapat kita ambil.Diantaranya tulisan yang dicopas pasti akan semakin populer karena akan menjadi Headline dan semakin sering diperbincangkan di dunia maya.Sehingga si penulis aslipun akan bertambah pahalanya.

Tidak semua artikel dicopas oleh semua orang, hanya artikel yang menarik dan menggugah hati pembaca saja yang akan dicopas.Oleh karena itu, kita patut berbangga jika artikel yang kita buat dicopas oleh orang lain.Itu tandanya artikel kita dapat bermanfaat bagi orang lain.

Dengan adanya nilai manfaat dari artikel tersebut, niscaya pahala kita akan mengalir menjadi amal jariyah di kemudian hari, karena setiap amal yang diperbuat oleh setiap insan tidak akan tertukar di hadapan ALLOH SWT.

Dan bagi orang yang hobi melakukan copas, Insya ALLOH suatu saat nanti ALLOH akan membukakan hati mereka ke jalan yang benar agar mereka segera bertobat dengan sebenar-benarnya tobat.Mereka harus sadar bahwa yang mereka lakukan akan menghancurkan diri mereka sendiri.

Semoga ALLOH SWT melindungi bangsa Indonesia dari perbuatan "copy-paste" dan perbuatan tidak terpuji lainnya.Aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline