Lihat ke Halaman Asli

NTT Miskin Karena Korupsi Merajalela

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) miskin lantaran banyak terjadi korupsi yang dilakukan para pejabat, terutama Gubernur NTT sekarang . Karena itu, korupsi KPK harus ... bertindak tegas terhadap para pejabat terutama gubernur dan Wakil Gubernur NTT yang sekarang sedang menjabat… Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) miskin lantaran banyak terjadi korupsi yang dilakukan para pejabat di NTT. Karena itu, korupsi harus diberantas agar rakyat NTT bisa keluar dari kemiskinan.

Demikian penilaian aktifis PMKRI Pusat, Makarius Nggiri Wangge, kepada wartawan, belum lama ini. Makarius dimintai komentarnya soal harapannya setelah kunjungan SBY ke Kupang dalam rangka Hari pers Nasional 2011.

Makarius mengatakan, pihaknya hanya berharap agar SBY bisa menunjukkan komitmennya dalam hal pemberantasa korupsi di wilayah Indonesia umumnya dan di NTT pada khususnya. Karena daerah NTT sudah terkenal sebagai proppinsi termiskin dan terkorup di Indonesia. “Kemiskinan yang terjadi di wilayah NTT, salah satunya karena banyak terjadi korupsi di daerah itu,” kata Makarius.

Menurut Makarius, begitu banyak oknum pejabat dan PNS di NTT yang terlibat kasus korupsi namun proses penegakan hukumnya molor karena berbagai macam factor, diantaranya mafia hukum yang dilakukan oknum penegak hukum mulai dari tingkat polis, jaksa hingga hakim.

Karena itu, SBY hendaknya menunjukan komitmennya terhadap pemberanatasan korupsi. Tegaskan dan perintahkan aparat penegak hukum di NTT untuk bisa menangkap, mengadili, menghukum siapa saja, termasuk para pejabat pemerintah yang terbukti teribat dalam tindak pidana korupsi. “Perintahkan kepada pejabat ppropinsi dan pejabat pusat terkait, agar bisa cepat menebitkan surat ijin pemeriksaan sesuai tingkatan kewenangan masing-masing terhadap para pejabat yang menjadi tersangka korupsi,” harap Makarius yang juga seorang lawyer ini.

Menurut Makarius, praktek korupsi di NTT menjadi salah satu sebab terbesar terjadinya kemiskinan rakyat dan daerah NTT. “Bagaimana pembangunan dan kesehateraan masyarakat dan wilayah NTT bisa terwujud jika uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah NTT, dikorupsi oleh oknum pejabat dan oknum PNS. Karena itu, tindak korupsi di NTT harus diberantas sehingga kesejahteraan rakyat dan wilayah NTT bisa meningkat,”




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline