Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Training Need Analysis: Hari Kedua, Industri Kelapa Sawit!

Diperbarui: 16 November 2023   08:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc: koleksi pribadi diolah via canva

Pelaksanaan TNA hari kedua adalah kebeberapa industri di Kabupaten Pasaman Barat. Salah satunya dalah Pabrik Kelapa Sawit, yang dalam hal ini kami mengunjungi PT Berkah Sawit Sejahtera.

doc: pribadi di PT Berkah Sawit Sejahtera

Pabrik kelapa sawit di Kabupaten Pasaman Barat sendiri terbilang cukup banyak. Selain memang komoditas utamanya adalah Sawit, berdirinya pabrik-pabrik ini juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar. Pasalanya semua karyawan yang diterima termsuk buruh di kebun juga diperkerjakan dari masyarakat sekitar pabrik.

TNA yang dilaksakan di pabrik ini untuk melihat kebutuhan kompetensi apa yang diperlukan di dunia pabrik kelapa sawit ini. Baik sebagai operator produksinya maupun sebagai operator tata usahanya.

Dari hasil pertemuan ini didapat bahwa kompetensi yang diperlukan di industri kelapa sawit lebih dominan pada pelatihan-pelatihan otomotif terutama mesin produksi. Proses rekrutmen karywan yang dipersyaratkan dari pabrik ini adalah untuk mereka-mereka yang pernah atau berpengalaman dalam mengoperasikan mesin produksi. Dan pihak pabrik juga berharap pelatihan yang diadakan oleh BLK Pasaman Barat, dapat diperuntukan juga untuk karyawan atau buruh yang sudah berkerja di pabrik. Semisal pelatihan K3 untuk operator produksi yang sudah bekerja.

Pihak industri sangat membuka peluang bagi lulusan BLK untuk dapat berkontribusi bagi industrinya. 

Penulis: Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 16 November 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline