Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Anggaran Ga Ada! Jangan Buang Waktumu Sia-Sia

Diperbarui: 5 September 2023   06:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc: koleksi pribadi diolah melalui www.canva.com

Anggaran Ga Ada! Jangan Buang Waktumu Sia-Sia - Anggaran pemda kini semakin kecil akibat dari pergeseran-pergeseran prioritas pembangunan di Kabupaten Pasaman Barat. Akibatnya banyak kegiatan yang sudah direncanakan di awal tahun harus rela anggaranya digeser pada periode pergeseran anggaran bulan ini. 

Di Dinas Tenaga Kerja Kab. Pasaman Barat contohnya, beberapa kegaitan harus di geser untuk mengoptimalkan anggaran kepada kegiatan yang lebih prioritas langsung kepada masyarakat. Ini berdampak pada kesibukan yang ada di kantor. Kegiatan yang biasanya padat di akhir tahun kini lengang dan terkesan melamban. Walaupun pelayanan tetap jalan, jika kegaitan lain tidak ada rasanya kantor seperti tempat singgah saja.

Nah hal apa yang bisa dilakukan untuk  memaksimalkan waktu kerja di kantor walau anggaran minim?

1. Baca dan cermati kembali Tupoksi jabatan sesuai Peraturannya

Kadang kita menduduki sebuah jabatan tidak mengetahui tupoksi jabatan itu sampai ke akarnya. Hanya meneruskan dari orang terdahulu, kurang membaca tentang peraturan baru. Akibatnya kegiatan hanya bergantung pada anggaran. Padahal banyak sekali kegaitan berdasarkan tupoksi yang termaktup dalam peraturan yang tidak memerlukan banyak anggaran, contoh pada jabatan insturktur ahli pertama, membuat publikasi ilmiah. 

2. Jalin Kerjasama dan Kemitraan

Terkadang di satu OPD hanya mengandalkan anggaran OPD tersebut. Padahal OPD lain kadang memiliki kegiatan yang hampir mirip dan itu bisa dikolaborasikan. Dan mengoptimalkan anggaran yang sedikit. Misalnya Dinas Tenaga Kerja sebagai fasilitator tempat penyelanggaran peningkatan kompetensi maysarakat dan Dinas Pemberdayaa Masyarakat dan Nagari sebagai support kebutuhan lain selama kegaitan. Semua bisa dikolaborasikan untuk kepentingan masyarakat.

3. Bergerak

"Gak ada anggaran", kadang menjadi kalimat yang sering membuat kita berdiam di meja kerja tanpa melakukan satu hal apapun. Bahkan hanya scolling sosial media eh tau tau udah jampulang aja. Jangan biarkan waktu tebuang tanpa ada hal baru yang ditambha, tanpa ada kompetensi baru yang ditambah, tanpa ada pahala baru yang ditambah, tanpa ada manfaat baru yang dibagikan untuk sesama. Bergeraklah pindah dari meja kerja yang terlalu nyaman itu.

Itulah hal yang bisa dilakukan agar waktu kamu di kantor sebagai ASN tidak terbuang sia sia dan menjadi orang yang merugi. Semoga bermanfaat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline