Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Bersyukur: Bukan Hanya di Lisan Saja!

Diperbarui: 25 Agustus 2023   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc : koleksi pribadi diolah melalui www.canva.com

Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku," (QS Al-Baqarah: 152).

Kita sering kali mengabaikan rasa syukur atas apa yang telah kita peroleh baik itu harta maupun kesehatan. Sering sekali lisan ini enggan mengucap Alhamdulillahirabillalamin. 

Rasasyukur harusnya kita amalkan setiap hari, tidak hanya saat kita menerima rezeki dagangan laku, gaji masuk atau mendapat pemberian dari siapaun itu. Rasa sukur atas hidup yang telah diberikan, rasa syukur atas  fungsi tubuh yang berjalan secara normal, dan masih banyak lagi rasa syukur yang harus kita amalkan atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Banyak dari kita yang menganggap bahwa apa yang sudah kita dapat merupakan jerih payah sendiri. Ketahuilah bahwa apa yang kita dapat sebenarnya sudah Allah tulisankan sebelumnya di lauhul mahfudz. Kita hanya menjalankan apa yang sudah dituliskan saja.

(Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat keras."  (QS Ibrahim: 7).

Dari pesan Allah di atas jelas bahwa bersyukur juga akan menambah apa yang telah kita dapat malah berkali-kali lipat. Bahkan jika kita kufur malah Allah murkai. Semua itu sudah sangat jelas Allah sampaikan pada kita.

Jangan samapai kita jadi bagian dari orang-orang yang tidak tau bersyukur atas nikmatNya. Bersyukur juga tidak hanya diucapakan, dengan mempergunakan kesehatan yang Allah berikan kepada kita di jalan yang benar dengan memperbanyak ibadah juga termasuk cara bersyukur. Menambah keimanan dan ketakwaan atas reseki yang Allah berikan kepada kita juga termasuk bersyukur.

Semoga kita digolongkan sebagai orang-orang yang selalu bersyukur. Aamiin.

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 25 Oktober 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline