Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Apresiasi Kepada Ibu yang Totalitas Memberikan ASI

Diperbarui: 9 Agustus 2023   06:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc : koleksi pribadi diolah melalui www.canva.com

Apresiasi Kepada Ibu yang Totalitas Memberikan ASI - Al-Qur'an surat al-Baqarah/2: 233, yang artinya : "Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.

Dalil di atas kiranya memberikan gambaran jelas kepada para orang tua terutama ibu untuk menyusui anaknya sampai umur 2 tahun jika ingin menyempurnakannya. Dan kewajiban kita sebagai ayah adalah menyiakan makanan terbaik untuk asupan ibu agar menghasilkan asi yang berkualitas dan baik.

Kewajiban memberikan asi kepada anak juga tidak serta merta karena diwajibkan oleh Allah, ada hala medis yang mendukung hal itu. Asi adalah makanan dan minuman terbaik untuk anak yang masih berumur kurang dari 2 tahun. Kandungan energi, nutrisi dan zat lain yang diperlukan oleh bayi tercukupi semua dalam asi.

Selain itu ada banyak sekali manfaat asi bagi bayi seperti zat gizi yang mampu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi. Asi akan memberikan zat gizi sesuai kondisi bayi terkini. Semisal bayi sedang sakit maka asi akan memberikan nutrisi terfokus untuk meningkatkan imun bayi agar sakit dapat segera mereda. Dengan asi pula bayi akan terhindar dari alergi karena kandungan yang terdapat di dalam asi.

Rasulullah juga memebrikan apresiasi kepada ibu yang menyusui dalam hadistnya ketiga ada seorang ibu yang sedang mencari anaknya di kelompok tawanan perang. Setelah bertemu ia segera membuai dan memberikan asi padanya.

Semoga para ibu dimanapun diberikan kemudahan untuk memberikan asi exclusif untuk para bayinya agar bayi tetap terjaga dan tumbuh secara sempurna baik fisik maupun kecerdasannya. Aamiin

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 9 Agustus 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline