Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

3 Alasan Kenapa Serapan APBD Rendah

Diperbarui: 6 Agustus 2023   06:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar dilah penulis dari canva.com

3 Alasan Kenapa Serapan APBD Rendah - Sebagai seorang yang bekerja di dalam Pemerintah Daerah yang baru seumur jagung rasanya belum banyak yang penulis ketahui. Baik itu kenapa APBD yang dari tahun ke tahun penyerapanya malah terkesan melambat. Padahal dalam perencanaanya sangat diperhitungan mualai dari anggaran jadwal dan lain sebagainnya.

Selama penulis bekerja di tempat dimana penulis ditempatkan, menurut penulis ada beberapa alasan kenapa penyerapan APBD cendung melambat.

1. Proses pencairan yang lama

Birokrasi dan kelengkapan dokumentasi untuk pencarian suatu kegiatan yang terkesan membuat ribet, menjadikan caseflow yang tidak seimbang. Sehingga APBD tidak teserap padahal kegaitan sudah berjalan.

2. Kontrak kerja dan penyelesaian yang lamban

Selain dari pihak pengguna anggaran yang lama dalam pencairan, vendor yang menangani pekerjaan atau proyek itu pun terkadang melamban dan mengulur waktu yang cukup lama, sehingga proses pencairan menjadi terhambat.

3. SDM yang tidak kompeten

Penyelesaian pencairan kadang bukan karena kurangnya dokumen untuk pencairan melainkan seringnya kesalahan dalam megetik atau membuat kuitansi atau hal lain sehingga mengulan dan memakan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya.

Semua proses di atas yang penulis lihat di OPD tempat penulis bekerja. Meski begitu semua masih bisa diperbaiki jika SDM dilatih dan semua pihak komitmen untuk memaksimalkan anggaran demi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penulis: Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 6 Agustus 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline