Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Seseorang Tergantung Pada Agama dan Teman Dekatnya

Diperbarui: 30 Juli 2023   10:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc : Koleksi Pribadi diolah melalui www.canva.com

Seseorang Tergantung Pada Agama dan Teman Dekatnya - "Dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, "Seseorang tergantung pada agama teman dekatnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa yang dia jadikan sebagai teman dekat." H.R. Abu Dawud. 

Dalam bergaul tentu kita tidak boleh membeda-bedakannya namun untuk menentukan sahabat Allah menganjurkan kita untuk memilihnya. Hadist di atas menggambarkan kepada kita bahwa akhlak kita tergantung dari sahabatnya. Sahabat yang baik akan membawa kita kepada prilaku dan akhlak yang baik pula. Begitu juga sebaliknya.

Ada beberapa kriteria seseorang yang dapat dijadikan sebagai sahabat dekat. Antara lain:

1. Membawa kita dekat dengan Allah

Teman yang baik senantiasa mengingatkan kita untuk selalu dekat kepada Allah. Ia akan mengikatkan kita jika lupa beribadah dan bahkan mengajak kita untuk beribadah. Tidak hanya kehidupa dunia yang dicarinya tetapi akhirat menjadi prioritas utama.

2. Jujur

Sikap ini tentu menjadi salah satu kunci persahabatan. Jujur menjadi hal yang sulit dilakukan bagi orang yang tidak memiliki rasa tanggung jawab. Sahabat yang jujur menjadikan kita jujur disetiap keadaan. Pilihlah sahabat yang memiliki sifat ini.

3. Amanah

Mampu menjaga amanah juga penting untuk menjalin persahabatan. Amanah yang dititipkan kepada kita jika kita jaga menjadi poin plus dari persahabtan. Sahabat yang memiliki sifat amanah patut kita jaga.

4. Menjaga silaturahmi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline