Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Kecerdasan Buatan (AI) Solusi Kemacetan

Diperbarui: 10 Juli 2023   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc : koleksi pribadi diolah dari www.canva.com

Kecerdasan Buatan (AI) Solusi Kemacetan - AI dikenal sebagai teknologi yang memiliki potensi besar untuk mengubah kehidupan manusia di masa depan. Secara umum, AI merujuk pada program komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia, termasuk kemampuan pengambilan keputusan, logika, dan karakteristik kecerdasan lainnya.

Dewasa ini AI menjadi salah satu teknologi yang digandrungi. Mulai dari membuat desain, membuat baris code program, sampai dengan pembawa berita juga sudah dicoba menggunakan AI. AI memebrikan peluang kesalahan dalan tindakan hapir 0% mengapa? Karena AI dirancang dengan teknologi dan baris code, ini memungkinkan AI hanya melakukan apa yang benar diketikkan oleh baris code.

Pemanfaatan AI ini tentu akan mempermudah pekerjaan manusia. Kesalahan yang akan ditimbukan juga akan sedikit. Kemudian dari sisi waktu dan beban fisik juga tidak ada. AI tidak akan mengenal lelah selagi energi/listrik yang digunakan untuk menggerakkanya cukup.

Lalu apakah bisa AI digunakan untuk mengatasi permasalahan yang cukup berat sepeti kemacetan di ibu kota?

Kemacetan adalah hal serius yang sulit diatasi. Penambahan jumlah penduduk dan pengguna kendaraan pribadi yang makin tahun terus meningkat menjadi alasan kenapa kemacetan sulit diatasi. Dimana peran AI bisa kita letakkan untuk mengatasi ini?

AI bisa digunakan pada rekasaya lalu lintas dan tindakan penggaran on the spot.

AI pada rekayasa lalu lintas akan memberikan informasi dan arahan 24 jam non stop pada titik-titik rawan kemacetan. AI yang dibangun disetiap pemberhentian lampu merah juga akan memberikan tindakan on the spot pada mereka yang melanggar peraturan berlalu lintas. Ambang batas kecepatan pada jalan-jalan tertentu juga bisa kita pantau menggunakan AI.

Banyak yang bisa kita lakukkan dengan mengoptimalkan penggunaan AI untuk permasalahan kemacetan. Tinggal bagaimana kita mau merubah kebiasaan yang ada dan menerima perubahan.

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 10 Juli 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline