Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Cara Jitu Lulus UJK di Balai Latihan Kerja

Diperbarui: 5 Juli 2023   06:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc : Koleksi Pribadi diolah dari www.canva.com

Cara Jitu Lulus UJK di Balai Latihan Kerja - Pelatihan di Balai Latihan Kerja telah dilaksanakan selama 33 hari sesuai dengan jumlah jam pertemuan yang dibebankan pada semua unit kompetensi. Uji kompetensi menjadi pembuktian selama 33 hari pelatihan tersbut apakah peserta pelatihan mampu dan layak dinyatakan kompeten pada kompetensi yang diambil.

UJK di Balai Latihan Kerja khususnya di tingkat Pemerintah Daerah dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P2 (LSP P2). LSP P2 berfungsi sebagai Lembaga yang memastikan kompetensi dengan menyediakan Pendidikan Vokasi atau pekerjaan yang berdasarkan kualifikasi atau keahlian. Dalam sistem Pendidikan ini terdapat Lembaga pelatihan yang menyiapkan individu untuk memiliki kompetensi sesuai dengan kualifikasi atau keahlian dan kompetensi tersebut dipastikan dengan adanya uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP P1 atau LSP P2.

UJK ini kerap menjadi momok menakutkan bagi semua peserta pelatihan, bukan karena mereka tidak menguasi materi, tapi tekanan saat ujian menjadikan apa yang sudah dipahami dan dimengeti hilang seketika.

Nah berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghadapti UJK.

1. Mantabkan Pehaman Unit Kompetensi (UK).
Setiap pelatihan tentu ada UK yang dilewati setiap peserta. Dalam menghadapi UJK, pemahaman setiap UK menjadi mutlak bagi semua peserta. Pahami bagian-bagian sub UK yang dipelajari.

2. Tenang dan Bawa Santai.
Suasana ujian pasti selalu menegangkan dan banyak tekanan. Waswas tidak lulus atau tidak kompeten juga menjadikan diri semakin tidak terkendali. Namun seharusnya semua bisa kita kendalikan misal dengan memberikan suggest pada diri untuk tetap tenang dan suggest pada diri kalau kita akan lulus dan memberikan hasil memuaskan.

3. Berdoa.
Semua usaha yang kita laksanakan sejatinya sudah dituliskan hasilnya oleh Allah di lauhilmahfuz. Jadi apapun hasilnya terima dengan lapang dada. Dan mulailah semua dengan permohonan doa yang paling tulus.

Itu beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghadapi UJK di Balai Latihan Kerja. Semoga membawa manfaat. Aamiin.

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 5 Juli 2023

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline