Lihat ke Halaman Asli

muhammad nurul

Penulis Baru

Latsar Hari Pertama: Jadilah Pelayan Masyarakat

Diperbarui: 16 Juni 2023   07:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

doc : www.canva.com

Latsar Hari Pertama : Jadilah Pelayan MasyarakatSahabat pembaca semua, hari ini adalah hari kedua pembelajaran penulis dalam pelatihan dasar CPNS tahun 2023. Banyak sekali pembelajaran di hari pertama yang telah penulis dapatkan, mulai dari pembinaan fisik, tata cara apel pagi, sikap saat makan dan banyak lagi.


Yang paling berkesan adalah pembelajaran manajemen pengelolaan kelompok oleh pak DR. Asmet. Beliau mengajarkan bagaimana mengenali diri sendiri dan orang lain. Metode dan pendekatan yang diajarkanpun sangat variatif. Suasana kelas dibangun dengan keceriaan dan tanpa tekanan. Semua peserta mampu menyampaikan dan mengeluarkan kemampuan berkomunikasinya tanpa malu. Metode pengenalannya juga sangat unik menurut penulis.

Seblum materi ini ada materi juga yang disampaikan langsung oleh plt. Kepala BKPSDM Pasaman Barat bapak DR. Adrianto. Bapak Adrianto menyampaikan ASN harus memiliki 3 kemampuan dasar yaitu kompetensi bidang, sosial dan kepribadian. ASN hari ini tidak lagi otoriter tapi pelayan masyarakat.

Banyak pembelejaran yang penulis ambil dari materi hari ini. Semoga bisa penulis terapkan di instansi penulis. Insya Allah

Penulis : Muhammad Nurul - Talu, 16 Juni 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline