Lihat ke Halaman Asli

Menulislah

Diperbarui: 21 September 2016   18:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


MENULISLAH....

Mulai menulis itu mirip-mirip dengan memulai makan. Apa yang mau dimakan, dipikirkan tapi jika sudah mulai makan kita lupa apa tadi memikirkan apa sebelum makan. Hehehe, tapi dalam banyak hal kadang menuangkan apa yang dipikirkan menjadi sebuah tulisan tentu butuh cara. Nah, salah satu caranya adalah menulislah. Tulislah apa yang dipikirkan, jangan pikirkan apa yang mau ditulis. Seperti makan tadi, makanlah apa yang terhidang dan jangan pikirkan apa yang mau dimakan. Kira-kira begitu analoginya. 

Padahal, dalam keseharian kita banayk peristiwa yang mengandung 5W+1H jika ingin dikemas menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Tidak saja berguna untuk merawat eksistensi kepenulisan kita, tapi mungkin juga berguna bagi pembaca tulisan kita. Memang tidak ada yang ideal dan seratus persen sempurna, tapi menuliskan apa yang dilihat, dirasa, dan dialami merupakan sebuah keasikan tersendiri, jika kita agak sungkan menyebutnya sebagai wadah perjuangan.

Nah, kadang dalam perjalanannya proses penulisan dan penyampaian sebuah pesan ini seringkali terbatasi oleh logika dan opini umum yang kemudian saat mau dituang dalam tulisan kita menjadi batal, teredit atau mungkin dihapus lagi karena kita tidak yakin dengan apa yang akan kita sampaikan. Kredibilitas menjadi taruhannya, kalau tidak pas disebut sebagai tulisan sampah. 

Gosip murahan, fitnah, dan lain-lain. Membaca banyak referensi, bergaul dengan banyak orang, tokoh, termasuk komunitas, menjadi penting sebagai cara memahami dimensi yang mau di tulis. Di luar bakat tentunya, menulis itu perlu latihan terus menerus. Bahkan, jika sudah menjadi habit maka menulis itu bisa dilakukan seperti kita bicara.

Hehehe, ini dulu untuk memancing semangat menulis hari ini. Bismillah ...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline