Lihat ke Halaman Asli

Cidomo Alat Transportasi Pulau Lombok yang Membuat Kemacetan di Jalan

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Taukah kamu, cidomo adalah alat transportasi dari pulau Lombok dan Gili yang berada di wilayah Nusa Tenggara Barat yang terbuat dari bahan dasar kayu, yang di jalankan oleh tenaga kuda dan di kemudikan oleh seorang manusia yang disebut oleh orang Lombok seorang kusir.

Cidomo ini secara fisik mirip dengan andong atau delman yang berada di pulau Jawa, perbedaan yang utama antara cidomo dan andong ini adalah dari rodanya. cidomo memakai roda bekas mobil, sedangakan andong memakai roda dari kayu. kapasitas codomo imi sejumlah 4 orang.

Cidomo di gunakan sebagai wisata untuk berkeliling-keliling pulau yang berada di Gili untuk menikmati keindahan yang ada di pulau tersebut.

Akan tetapi, Satu permasalahan yang ditimbulkan cidomo adalah kecepatannya sangat lambat dan menjadi salah satu penyebab kemacetan di kota yang menyebabkan keterlambatan menuju tujuan kita. Dimana ada cidomo pasti jalan menjadi macet karena menggunakan tenaga kuda yang berjalan lambat, sehingga kadang-kadang membuat seseorang kesal akibat kemacetan yang disebabkan oleh cidomo tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline