Lihat ke Halaman Asli

Para Pasien Cuci Darah Mengadu ke PERNEFRI

Diperbarui: 3 Oktober 2016   17:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) sudah sejak tahun 2010membuat surat rekomendasi kepada Askes bahwa pegunanaan reuse (pemakaian ulang) tabung dializer maksimal delapan kali. Surat rekomendasi itu masih berlaku sampai hari ini dan menjadi pedoman bagi penyelenggaraan unit pelayanan hemodialisa.Pernyataan itu disampaikan Ketua PERNEFRI, Dr. Dharmeizar, SpPD-KGH menanggapi pengaduan yang disampaikan Pengurus Pusat KPCDI (Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia), Hari Jumat (30/9/2016), di Gedung Sekretariat Penefri, Jalan Salemba.Raya, Jakarta Pusat.

Dalam pengaduannya, Pengurus Pusat KPCDI yang dipimpin Tony dan Petrus, sebagai Ketua Umum dan Sekjen, mengatakan kalau Rumah Sakit Royal Progress, yang terletak di Sunter, Jakarta Utara, melakukan kebijakan reuse tabung dialyzer sampai 30 kali. "Kebijakan manajemen Royal ini sangat merugikan pasien karena berdampak pada pencapaian adekuasi,"ujar Tony.

Tony Samosir meminta agar PERNEFRI melakukan pengawasan terhadap Rumah Sakit Royal PRogress. "Kami memohon agar PERNEFRI memberi rekomendasi kepada Dinas Kesehatan DKI untuk memberi teguran kepada RS Royal sesuai dengan ketentuan Permenkes 812 tahun 2010." pinta pasien cuci darah yang baru enam bulan melakukan cangkok ginjal tersebut.

Dr. Tunggul D SItumorang,SpPD-KGH, Korwil PERNEFRI Propinsi DKI, menyanggupi permohonan KPCDI. "Kami berterimskasih KPCDI mengadu ke kami. Sebagai organisasi profesi kita akan meneliti kembali Rumah Sakit Roya Progressl. Dan kami nantinya akan memberi rekomendasi kepada Dinas Kesehatan Propinsi DKI," ujarnya.

Dializer reuse merupakan penggunaan ulang dializer dalam proses hemodialisis. Dializer reuse dapat digunakan jika nilai total cell volume (TCV) masih diatas 80% dari nilai awal. Jika TCV kurang dari 80% akan menyebabkan tidak efektifnya proses hemodialisis yang ditandai dengan gejala uremia pasca hemodialisis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline