Lihat ke Halaman Asli

Wajib Fingerprint untuk Beli Card Internet di Saudi Arabia

Diperbarui: 24 Agustus 2016   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Counter provider internet Zain di Jeddah/dokpri

Inilah  Saudi Arabia, setelah sukses beberapa bulan yang lalu memaksa pengguna no card phone/HP/Smartphone wajib fingerprint atau sidik jari atau bassma dalam bahasa arab.

Kini government Saudi Arabia mewajibkan para pengguna Internet untuk melakukan hal yang sama yakni wajib fingerprint/sidik jari jika ingin beli card internet.

Sebelumnya orang masih bisa curi-curi pakai card product tertentu dengan harga sedikit mahal bisa mendapatkan card internet 10GB,kini product tersebut ditutup total, walau mungkin ada tapi harus atas nama orang lain yang juga terkena wajib finger print, tapi sudah sangat langka dijumpai.

Beberapa minggu yang lalu saya tidak bisa online,karena ID card/KTP Arab/iqamah saya, sedang diperpanjang tapi boss saya males sekali tidak mau ambil ke kantor terkait, jadi sudah bayar sejak pertengahan Ramadan via transferring Bank tapi malas ngambilnya,berlarut-larut sampai hampir 3 bulan.

Sementara hendak beli card net diwajibkan menunjukan iqamah plus finger print, jadi rasanya luar biasa tidak internetan selama hampir seminggu, terpaksa hanya main game dan call teman lama di Indonesia,serta sukses pindah tempat tinggal yang dekat tempat kerja.

Dari hikmah call teman lama ini jadi tau ada sahabat karib ku yang meninggal dunia setahun yang lalu,juga ibu-ibu tetanggaku yang meninggal 3 minggu yang lalu, sedih banget,pokoknya.

Sekarang setelah iqamah beres bisa online lagi syaratnya yaitu harus fingerprint, perlu diketahui untuk kawasan Arab GCC ( Saudi Arabia,Kuwait, Oman,UEA, Qatar dan Bahrain), ada 3 provider internet yang sangat aktiv bersaing secara sehat di kawasan Arab GCC.

1). Sawa-yang ini provider milik Saudi Arabia, untuk card smartphone/HP saya memakai product ini.

2).Mobily-yang ini provider milik UEA/Emirates, dulu saya suka memakai ini karena counter penjualan brand ini mudah dijumpai dimana-mana'sekarang malah lagi discount habis-habisan untuk 30GB plus card HP dan isinya sebanyak 25 sr/bisa dibeli 30 sr atau 50 sr.

Tapi untuk mendapatkannya harus antri saat ini dan untuk counter cabang banyak yang gak jual karena terjadi traffic yang luar biasa hingga sistem fingerprint dibeberapa tempat penjualan down, jadi harus pergi ke office pusat/counter besar baru terlayani, repot...

3). Zain-provider ini milik Kuwait, dan kebetulan didepan tempat kerja juga ada yang jual,jadi demi kepraktisan saya memakai ini, untuk yang 10GB harga 120 sr/1sr/3500 rupiah-an, sementara untuk packet sebulan unlimited ada yang harga 110 sr, kalau tidak salah dan bisa YouTube-an sepuasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline