Lihat ke Halaman Asli

Kejayaan Indonesia Hanyalah Masalah Waktu?

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Banyak orang berpendapat bahwa kejayaan Indonesia hanyalah masalah waktu. Amerika Serikat membutuhkan waktu 300 tahun untuk mencapai pendapatan perkapita 30.000 dollar pertahun. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan waktu untuk mencapai level tersebut. Apalagi Indonesia baru 67 tahun merdeka dari penjajahan Belanda. Benarkah jalan pemikiran seperti itu?

Saya mencoba bertanya kepada Google: " Tolong berikan aku negara mana saja yang sudah merdeka ratusan tahun!" Keluarlah jawaban dari Google, Mexico merdeka tahun 1810, Venezuela tahun 1811, Argentina tahun 1816, Brazil tahun 1822....dan hampir semua negara di Amerika Latin merdeka ditahun 1800-an tapi mengapa mereka tidak mencapai kejayaan seperti Amerika Serikat dan Canada? Mengapa ekonomi mereka tumbuh terseok-seok seperti negara negara yang baru saja merdeka? Mengapa setelah sekian ratus tahun merdeka, mereka masih saja tergolong negara berkembang, bukan negara negara maju seperti di Amerika Utara dan sebagian negara negara di Eropa?

Saya membuka diskusi dengan topik ini dengan anda dan silakan di tanggapi mengapa waktu atau lamanya merdeka tidak menjadi argumen yang kuat untuk mengatakan mengapa Indonesia harus bersabar untuk mencapai kejayaan. Why?

http://sosbud.kompasiana.com/2014/01/14/kejayaan-indonesia-hanyalah-masalah-waktu-2-627766.html

http://sosbud.kompasiana.com/2014/01/15/kejayaan-indonesia-hanya-masalah-waktu-3-627969.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline