Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

Kilas Balik 2023 bersama Kompasiana

Diperbarui: 18 Januari 2024   18:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: pexels-engin-akyurt

 "In the end, it's not the years in your life that count. It's the life in your years."
-- Abraham Lincoln

Sejenak saya merenung beberapa saat  apakah saya sudah "on the track" sebagai senior yang bertambah usia bertambah bijak mengisi kehidupan ini.  

Kata-kata dari Abraham Lincoln mengingatkan saya bukan usia yang penting bagi kita, tetapi bagaimana mengisi kehidupan ini dengan sesuatu yang bermakna.

Hari ini adalah hari terakir di penghujung tahun 2023. Tanpa terasa setahun sudah berlalu dengan begitu cepat.  Apakah saya sudah mengisi kehidupan saya dengan sesuatu yang bermakna?  

 Rasanya dalam sehari dua hari ini saya perlu berefleksi apakah goal yang rencanakan memasuki  tahun 2023 sudah tercapai semuanya? 

Ngga sederhana yach goal utama saja belum pasti tercapai. Jika belum dicapai, saya ingin memutar dan mengevaluasi lagi mengapa hal itu belum tercapai.  Ada alasan yang sangat klasik ketika saya mulai mundur,  fisik mulai sakit dan merasa jenuh untuk rutinas yang seharusnya dapat diatasi.

Tetapi ada rasa senang, puas dan gembira ketika beberapa goal kecil sudah tercapai.   Ketika saya menengok di tahun 2022, saya menyelesaikan "SEO Internship" di Long Distance Creator.   Setelah seleasi, pasti ada komitmen kepada diri sendiri, apakah saya puas dengan ilmu yang saya dapatkan atau saya harus sharing dengan orang lain? 

Nach, tentu saya harus mempratekkan semua ilmu SEO ke dalam tulisan-tulisan saya baik itu di blog pribadi maupun di platform seperti Kompasiana dan lainnya.

Baca juga Tips Ampuh Literasi Keuangan Sejak Kecil

Menengok pencapaian saya di Kompasiana selama tahun 2023,  saya meriview tulisan-tulisan saya kembali dalam waktu singkat.  Ternyata saya tidak memiliki tulisan yang specific interest meskipun tulisan keuangan lebih dominan sesuai dengan background saya.  Rupanya saya tertarik beropini dengan segala genrenya terutama tentang sosial budaya, ekonomi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline