Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

Indonesia Berhasil "Guiness World Records" untuk Pagelaran Angklung Terbesar di Dunia

Diperbarui: 9 Agustus 2023   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.com

Angklung  menjadi alat musik tradisional yang sangat ikonik di Jawa Barat, Indonesia khususnya Masyarakat Sunda.   Instrumen musik tradisional ini sangat terkenal baik  di daerah sampai  di seluruh Indonesia.  Terbuat dari bambu yang dilaras tergolong idiofon, akan mengeluarkan bunyi jika digoyang.

Angklung berasal dari bahasa Sunda angkleung-angkleungan , gerakan pemain angklung akan menghasilkan suara angklung yang dihasilkan.

Cara memainkan angklung dengan satu tangan memegang dasar bingkai, sementara tangan yang lain menggoyang instrument dari sisi ke sisi, timbullah nada suara .  Salah satu istimewa angklung adalah angklung hanya memainkan satu nada saja sehingga butuh kerja sama untuk menghasilkan melodi yang lengkap.

Untuk melestarikan angklung, Pemerintah daerah Jawa Barat mengkampanyekan cinta angklung dalam wujud pertuntjukkan rutin di berbagai daerah . Juga memasukkan music dalam kurikulum sekolah sebagai  muatan lokal (khusus daerah Jawa Barat).

Pengalaman nonton pertunjukkan  di Saung Angkung  Udjo

Suatu ketika akhir Desesmber tahun 2019 saya ke Bandung.  Kami telah merencanakan untuk nonton pertunjukkan  Saung Angklung Udjo.   Kami membeli lewat  online karena takut kehabisan tiket jika membeli langsung ke cashier.

sumber: dokumen pribadi

Pertunjukkan akan diadakan pukul 15.30 , tetapi saat kami masuk pukul 15.00  ke dalam  arena panggung  ternyata semua tempat duduk yang terbuat dari batuan itu sudah penuh diisi oleh penonton.    Sayap kiri, kanan dan depan panggung seluruhnya penuh. 

Semangat saya menonton pertunjukann itu karena MC yang sangat lincah, cantik, masih muda dan  hangat menyapa penonton. Ternyata  penonton itu berasal dari negara China, Korea Selatan dan manca negara.

Pemain angklung anak. Sumber: dokpri

Atraksi pertunjukkan dibuka dengan munculnya anak-anak seusia 8-13 tahun yang mahir sekali main angklung. Lagu-lagu yang dibawakan lagu daerah.   . Lalu diikuti dengan penampilan helaran, Arakan upacara tradisional  yang meraih sekali.  Lalu tari topeng gaya Parahyangan,  dan alat musik arumba pun mengalun dengan lagu-lagu Nusantara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline