Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

6 Tips Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan "Glowing" Saat Ramadan

Diperbarui: 11 April 2023   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi-canva.com

Di pertengahan bulan Ramadan,  saya ke dokter kulit.  Bertemu dengan seorang pasien yang mengeluhkan kulitnya kering bersisik, gatal dan terkadang nyeri.

"Hal itu adalah gejala umum dari kulit yang hidrasi,"  kata seorang dokter Dermatologist .

Kandungan air dalam tubuh manusia sebesar 55-60% . Jumlah ini lebih tinggi untuk anak bayi.  BEsarnya kandungan air dalam masing-masing bagian tubuh itu tergantung dari berat badan, usia, jenis kelamin dan apa yang dikonsumsinya.

Saat puasa, berkurangnya konsumsi  air dalam tubuh untuk asupan membuat kulit sebagai bagian tubuh, menjadi kering, gatal bahkan nyeri.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi  agar kulit tetap segar dan glowing saat puasa:

Lebih Banyak Habiskan waktu untuk merawat kulitmu secara rutin

Untuk mengatasi kondisi agar kulit tetap "glowing" selama Ramadan gunakan "glycolic acid untuk kulit normal atau  salicylic acid untuk kulit berminyak.   Kupaslah kulit Anda dengan lembut setiap hari .  Hal ini akan menstimulasikan kulit Anda dari sel-sel kulit yang mati.    Seorang dokter kulit juga merekomendasikan agar anda mengenakan pembersih kulit dengan acid setiap hari agar kulit tetap sehat dan berseri.

Gantilah "skincare" Anda

Perubahan produk "skincare"  saat  perubahan lifestyle yaitu  pola hidup puasa saat Ramadan,  atau  saat perubahan iklim sangat dianjurkan oleh dokter kulit.  

Pilihlah lotion atau serum pelembab yang ringan agar kulit Anda bisa "bernafas".   Produk yang lebih ringan cenderung tidak menyumbat pori-pori seperti halnya pelembab dan minyak yang berat. Namun, jika kulit Anda cenderung  lebih kering, penting untuk dicatat kulit lebih kering karena berpuasa, jadi pilihlah lotion yang  sedikit lebih berat.

Tambahkan Minyak pada malam hari secara rutin

Saat puasa , udara di seluruh Indonesia yang panas sering membuat kita sering beristirahat atau berada di tempat yang ada Air conditioning (AC).   AC  cenderung menghilangkan kelembaban kulit, oleh karena itu Anda perlu menambahkan  minyak pada malam hari  agar kulit dapat terlindungi  dari hidrasi.   Kiat rahasianya adalah "Tambahkan setetes minyak terbuat dari almond dan alpukat ke krim malam anda untuk menghindari kekeringan itu".

Jika Anda tidur dengan AC tetap menyala, kemungkinan besar kulit Anda akan mengalami  dehidrasi.

Selalu Gunakan Pelindung Matahari

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline