Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

Jual Konten Premium, Strategi Cuan Bisnis Siapa yang Diuntungkan?

Diperbarui: 26 Januari 2023   12:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Screenshot-dokpri

Setiap kali mendengar istilah konten premium,  apa yang tersirat  dalam pikiran Anda?   Ada yang langsung berpikir, pasti berbayar , pasti lebih nyaman ketimbang yang tidak bayar (artinya yang tidak bayar pasti punya banyak iklan).

Nach, saya juga punya  persepsi  yang sama bahwa konten premium pasti berbayar.  Seperti halnya konten artikel premium tanpa adanya iklan yang ditawarkan oleh Kompasiana.

Ketika saya ikut suatu webinar tentang Opini Komunitas, saya menang sebagai salah satu penanya. Hadiahnya adalah voucher yang dapat ditukarkan  buku di situs Gramedia.  Sayangnya, ketika saya eksekusi  ternyata  voucher yang dimaksud tidak berlaku untuk pembelian semua buku di situs  tersebut.

Lalu, saya diberikan pengganti oleh Kompasiana untuk mendapatkan gratis (free trial) Konten Premium.    Jadi saya sekarang ini punya kebanggaan untuk dapat menulis di platform kompasiana Premium tanpa bayar (hanya satu bulan, free trial).

Bagi teman-teman yang suka baca tulisan saya , bagaimana apakah ada perbedaan antara tulisan saya yang tidak berbayar dengan berbayar (free trial)?   Beberapa teman mengatakan bahwa membaca konten premium memang nyaman, tidak terdisrupsi oleh iklan-iklan yang menempel di sepanjang tulisan .

Balik kepada topik semula, sebenarnya arti konten premium bukan hanya soal berbayar saja.  Namun, mengutip PCMag,  konten premium adalah konten digital hanya bia diakses dengan biaya tertentu.

Biaya di sini artinya bukan melulu tentang uang saja. Tetapi Anda sebagai pemilik platform atau situs dapat meminta kontak audiens sebelum  mereka dapat mengakses konten premium Anda.

Baca juga:   Jangan Tergiur Janji Manis Beli Apartemen

Ciri-ciri konten premium?

Sesuai dengan orientasi dari konten premium adalah untuk mendapatkan bisnis atau profit, maka biasanya focus utamanya adalah topik yang dibutuhkan oleh audientsmu dan penting bagi bisnis pengguna.

Ada juga ciri-ciri lainnya dengan  menampilakan panduan atau informasi tertentu yang sangat membantu mereka dalam pencarian suatu informasi.

Jenis-jenis Konten Premium:

1.E-book

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline