Sudah beberapa bulan kegiatan Ketapels vakum. Ternyata vakumnya karena selain sibuknya Ketua Ketapel, Dzulfikar tetapi juga karena nara sumber yang telah dihubungi itu hanya dapat memberikan workshop pada bulan Desember 2018.
Tepatnya jam 9.00 pagi pada tanggal 16 Desember 2018 di Marketing Office BSD, ruang Orchid, tempat yang sangat nyaman dan luas itu kami , peserta yang sebagian besar dari Ketapels datang untuk mengikuti workshop .
Sambutan ringan dan informal diberikan oleh Dzulfikar, Ketua Ketapels dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Harris Maulana selaku Social Media Strategist Corporate Communication dari Sinar Mas Land.
Bapak Harris menjelaskan bahwa Sinar Mas Group telah mengembangkan sayap bisnisnya yang cukup besar dengan konsesi lahan sebesar 6000 hektar di daerah Bumi Serpong Damai. Bisnis utamanya adalah pengembangan lahan untuk perumahan siap huni bagi middle -upper class.
Nara sumber Ahmad Takbir Riantoro, yang nama singkatnya dipanggil dengan nama ABI itu sebenarnya tamatan SMK Tehnik Industri. Pemuda yang masih sangat belia ini awalnya mengaku mencari pekerjaan di Jakarta dengan uang saku sebesar Rp.150.000 itu ternyata telah mengalami keajaiban hidup.
Akhirnya bekerja di sebuah perusahaan Biznet sebagai customer care dengan status tenaga outsource selama 6 bulan, lalu diangkat sebagai tenaga permanen dengan karir yang cepat menanjak sebagai trainer.
Namun, di tengah karirnya sebagai trainer itulah Abi berjumpa dengan beberapa orang yang bekerja di google dan melirik untuk bisa mengubah jalan hidupnya ke bidang youtuber dan membuat suatu "Museum Project" dengan tipe channel #Berbicara dengan Linimasa abadi "Tutorial -- informatif -- menghibur".
Bahkan Abi makin mantap untuk resign dari kantor setelah mendapat tawaran baik dari google maupun Kemeninfo untuk peningkatan Siber Kreasi sebagai presenter Live yang dia harus lakukan tiap hari selasa di semua media sosial Kemeninfo
Abi, sapaannya itu memulai memberikan tips and trick tentang youtuber yang punya penghasilan tinggi . Tidak semudah membalikkan telapak tangan karena beberapa hal yang perlu diketahui oleh calon youtubers.
Pertanyaan awal adalah mengapa kita harus membuat film/video ? Siapa yang menonton, Untuk apa video dibuat dan pesan apa yang ingin disampaikan . Bagaimana cara pesan itu disampaikan, apakah pesan itu disampaikan di film /video?
Kita harus mengenal tahapan pembuatan video mulai dari ide/konsep, skenario, brainstorming skenario, casting, reading, cek lokasi, persiapan Art, Wardrobe, alat. Setelah itu masuk ke bagian produksi/syuting dan post produksi (editing musik, sound mixing) dan akhirnya publishing.