Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

Lawan Radikalisme dengan Lemah-lembut

Diperbarui: 15 Februari 2018   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tribuneJogya.com

Sebenarnya saya tak suka topik yang berjudul "Radikalisme".  Setiap kali membicarakan radikal, bulu bergidik dan nalar saya seperti tidak pernah mengerti dan tidak memahami kenapa orang bisa memiliki paham radikal.

Namun, saya terketuk mengapa kekerasan atau radikalisme itu justru dilakukan oleh anak-anak muda?

Bagaimana paham Radikal bisa merusak Pemuda/i?

Sampai saat ini, kelompok radikal terus mengembangkan diri dengan memperluas jaringan. Indonesia yang mengalami puncak bonus demografi pada tahun 2030 rawan disusupi oleh paham-paham radikal. Jika tidak diantisipasi dan dikelola dengan baik maka hal ini jadi bumerang bagi Indonesia.

Adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komisari Jenderal Suhardi Alius mengatakan  bahwa pengangguran dan kesenjangan sosial jadi masalah para anak muda ini disalah gunakan oleh aliran radikal. Sebagai contoh dikatakan ketika BNPT membuka lowongan sebanyak 60 calon pegawai sipil (CPNS) ternyata yang melamar sebanyak 15.000 orang. Bayangkan betapa sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Banyak anak yang drop out, banyak yang tidak dapat melanjutkan sekolah.

Siapa  Suliono?

Orangtua Suliono,  Susiah (54 tahun)  dan Mistaji (57 tahun)  terkejut dan kaget mendengar dari tetangganya bahwa anaknya melakukan aksi kekerasan di gereja St. Lidwina.

Tak pernah terpikirkan oleh kedua orangtua itu bahwa Suliono dapat melakukan kekerasan seperti itu.  Teringat oleh Mistaji bahwa Suliono pada waktu masih kecil sifat anaknya itu pendiam dan anak yang baik, melanjutkan SMP 1 Pesanggaran, lalu masuk ke Pondok Pesantren Ibnu Sina Desa Setail Kecamatan Genteng asuhan KH. Maskur Ali.  Namun, dia tak kerasan, jadi dia berangkat ke Morowali, Sulawesi,  tinggal bersama kakaknya.

Di tempat baru tak kerasan juga, Akhirnya dia pergi ke Palu dimana pengaruh ekstrim itu terjadi.   Ayahnya melihat perubahan ekstrim dari Suliono saat ibadah, tapi dia tak melihat hal-hal ekstrim yang lainnya.  Ayahnya berusaha untuk menyadarkan agar ia kembali kepada jalan yang benar. Sayangnya, nasehat ayahnya tidak dianggap karena faham itu sudah masuk ke akar batinnya.

Kekerasan hatinya itu karena otaknya sudah "dibrainstorm" oleh paham radikal.  "Dari hasil pendalaman sementara, Suliono pernah berada di kantong-kantong teroris, seperti Sulawesi Tengah, Poso, dan Magelang. Ada indikasi kuat yang bersangkutan ini terkena paham radikal yang prokekerasan," ujar Tito.

Tito mengatakan, Suliono pernah membuat paspor untuk berangkat ke Suriah. Namun, ia tidak berhasil berangkat ke sana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline