Bayangkan seluruh komunikasi yang digunakan oleh setengah penduduk Indonesia telah terhubung melalui jaringan internet. Internet jadi idola dalam komunikasi rakyat Indonesia
Di tahun 2016 , pengguna internet di Indonesia sudah mencapai sebesar 132,7 juta orang dari total penduduk sebesar 256,2 juta orang. Hal ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan sebesar 51.8% dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya sebesar 88 juta pengguna.
Data ini berdasarkan dari survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) .
Mayoritas dari pengguna internet berada di PUlau Jawa yang mempresentasikan sebesar 86,3 juta orang atau 65 persen dari angka total pengguna internet tahun ini.
Sedangkan sisanya adalah sebagai berikut:
- 20,7 juta atau 15,7 persen di Sumatera.
- 8,4 juta atau 6,3 persen di Sulawesi.
- 7,6 juta atau 5,8 persen di Kalimantan.
- 6,1 juta atau 4,7 persen di Bali dan NTB.
- 3,3 juta atau 2,5 persen di Maluku dan Papua.
Pengguna internet itu lebih praktis menggunakan smartphone atau gadget. Mudahnya mendapatkan dan membeli smartphone jadi pilihan utama dari pengguna internet. Kemudahan mendapatkan smartphone ini karena banyaknya perusahaan smartphone atau gadget yang memproduksinya mulai dari harga yang murah sampai yang termahal kelasnya.
Pengguna smartphone menjadi nomer 1 sebagai pengguna smartphone ini dengan statistik sebagai berikut:
67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses melalui perangkat genggam dan komputer.
63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses dari smartphone.
2,2 juta orang atau 1,7 persen mengakses hanya dari computer
Komunikasi via internet bukan hanya untuk keperluan pribadi saja, tetapi sudah merambah ke semua sektor atau bidang lainnya seperti Keuangan, bisnis, UMKM , pendidikan, digital ekonomi dan digital kreatif.
Konsep digital ekonomi terbagi dalam tiga kategori:
- E business infrastruktur : hardware, software, telecoms, networks, human capital
- E Business : jaringan maupun proses dari suatu bisnis (start up bisnis)
- E-commerce: distribusi dari satu produk