Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

5 Tips untuk Membuat Konten Viral di Medsos

Diperbarui: 31 Desember 2016   15:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumen pribadi

Pernahkah  terpikir kenapa blog Anda tidak punya konten viral.   Pertanyaan yang sama juga terjadi pada saya.  Menulis di blog pribadi saya sudah hampir 4 tahun dengan hampir 165 artikel.  Namun, kok   momen viral konten itu belum juga muncul pada blog saya.  Apa sebenarnya yang jadi masalah yach?

Masalahnya baru terjawab setelah saya ikut workshop “Sponsored Viral Content” yang diprakarsai oleh Blogger Perempuan dengan Nara Sumber,  Reza Gardino.

Awalnya Reza bertanya kepada kami semua yang hadir di workshop , apa artinya viral itu.   Beberapa peserta ada yang menjawab bahwa viral itu adalah dengan hitungan menit, detik berita dapat menyebar sampai ke jumlah yang tertinggi.   Ada pula yang mengatakan bahwa viral itu ketika video, berita itu disukai semua orang.

Ternyata, jawaban yang paling benar adalah viral itu apabila penyebaran berita/tulisan itu meluas  bukan hanya berada di circle /lingkaran kita.   Artinya  tuisan itu bukan hanya dishare oleh teman yang mengenal kita atau orang yang sudah senang dengan tulisan kita.  Justru tulisan itu disebarkan oleh orang yang tidak mengenal atau bukan teman atau orang-orang di lingkungan teman, sahabat atau follower kita.

Sedihnya, blog saya itu ternyata sampai sekarang belum viral kenapa karena indeks share hanya 8.   Loh , kok bisa yach, usaha keras sudah dilakukan dengan menulis posting yang menurut saya akan menarik buat pembacanya.   Tehnik yang demikian itu ternyata tidak benar. 

Ada tips yang perlu diketahui oleh Anda yang ingin kontel viral di media sosial:

TIPS PERTAMA:

Kenapa harus viral?

Setiap blogger  punya cita-cita dong untuk menerima sponsor post di blognya.   Siapa sich ngga pengin mendapatkan uang atau memonetize  blognya sehinggal menghasilkan pundi-pundi dari hasil jernih payahnya.

Nach,  seperti blog saya yang belum memiliki konten viral, saya pengin sekali jadi viral karena viral itu akan menjadi dasar pertimbangan utama dari para stakeholder seperti social entrepreneur atau komersial, perusahaan brand besar.   

Ayo, sekarang kita belajar dulu untuk mengetahui seluk beluk konten viral.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline