Lihat ke Halaman Asli

Ina Tanaya

TERVERIFIKASI

Ex Banker

Trik Kerja Lebih Efisien

Diperbarui: 2 November 2015   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Beban kerja tidak jauh berbeda dengan rekan kerja. Menjadi berat karena tidak dapat menyelesaikan dengan cepat. Hal ini bisa dipengaruhi oleh tingkat kerumitan tugas. Tetapi bisa juga karena kita menyelesaikannya dengan cara yang tidak efisien.

Penyebab beragam. Alasannya karena distraksi berupa telpon dari klien, oborolan, candaan dari rekan kerja yang berkelanjutan, godaan memainkan gadget, media sosial, gangguan lain yang mengganggu konsentrai kerja. Pemicu lain karena sering menunda pekerjaan, bekerja setengah hati, dan multitasking.  Hal ini membuat bekerja lebih lama.

Kiat agar tugas kantor dapat dikerjakan secara efisien.

Pertama, susunlah daftar pekerjaan yang akan dilakukan dalam satu hari Tempatkan jenis tugas yang paling prioritas pada posisi yang paling atas .Berikan durasi pengerjaan setiap tugas. Contohnya mengerjakan laporan bulanan 3 jam, menyusun presentasi 1 jam, dan membuat surat selama 20 menit.  Usahkan menepati alokasi waktu yang telah disusun.  Sedikan waktu cadangan apabila tiba-tiba terdapat tugas dadakan yang harus dikerjakan lebih dahulu.

Kedua, jauhkan submer pengganggu konsentrasi. Jika gadget seperti ponsel hanya difungsikan untuk memeriksa pesan pribadi, sebaiknay jauhkan dari jangkauan. Tetapi jika ponsel terkait dengan pekerjaan, Anda bisa mendekatkan ponsel agar lebih mudah diakses.

Hindari keinginan membuka media sosial di tengah-tengah pekerjaan yang tidak terkait dengan pekerjaan.  Kadang-kadang kita hanya penasaran kepngin melihat sebenar saja atau mengintip, tetapi dengan tidak sengaja waktu kita bisa tersita untuk tetap melanjutkannya.

Ketiga, hindari kebiasaan menunda pekerjaan. Hal ini dilakukan banyak orang. Banyak yang berpikir karena masih jauh hari lebih baik dikerjakan lebih santai. Namun, tak terduga tugas-tugas lain datang.  Pengerjaan tugas utama pun terpaksa mundur. Jika kita selalu dapat melakukan pekerjaan utama kita tanpa menunda, pasti kita dapat pulang dengan cepat dan tak perlu lembur.

Kunci utama, fokuskan pikiran pada perkerjaan yang sedang ditangani. Meskipun terdengar suara berisik, rekan berusaha mengintrupsi anda, biarkan dan jangan tanggapi. Bekerja dengan fokus dan bekerja keras, setelah selesai, Anda dapat relax dan beristirahat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline